Pemkab Penajam Naikan ADD

Bagus Purwa

Salah Satu Rumah Gakin Sebelum Direhab (Humas – Pemkab PPU)

Salah Satu Rumah Gakin Sebelum Direhab (Humas – Pemkab PPU)

Penajam, helloborneo.com -Pemerintah Kabupayen Penajam Paser Utara, menaikan anggaran dana desa berkisar Rp26 miliar dari tahun sebelumnya. Dimana ADD pada APBD 2015 sekisar Rp86 miliar, tahun sebelumnya hanya berkisar Rp60 miliar.

Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Penajam Paser Utara, Tohar mengungkapkan, pemerintah mengalokasikan ADD Rp86 miliar diperuntukkan bagi 30 desa yang tersebar di empat kecamatan. ADD tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp60 miliar.

“ADD diserahkan kepada desa dengan besaran berbeda. Selain untuk biaya operasional juga disiapkan anggaran alokasi khusus. Anggaran alokasi khusus ini digunakan desa sesuai kebutuhan,” jalasnya.

Alokasi khusus yang dimaksud, lanjut Tohar, seperti pengadaan kendaraan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang terkena musibah. Serta bisa diperuntukkan pembangunan rumah keluarga kurang mampu.

Selain itu, kata dia, pemerintah desa juga bisa menggunakan dana aloksi khusus tersebut untuk pembangunan pasar desa. Sementara tujuh desa hasil pemekaranm juga mendapatkan anggaran khusus untuk alokasi membangun bangunan yang belum tuntas.

Tohar menjelaskan, ADD tersebut dikelola untuk pemberdayaan dan operasional desa. Dimana anggaran dikelola langsung oleh pemerintah desa, tanpa melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD).

“ADD itu 70 persen untuk pemberdayaan dan 30 persen untuk operasional desa. Dan penyaluran ADD ini akan dipantau agar tidak terjadi kasus hukum. Selama ini ada tujuh kasus dugaan penyalahgunaan ADD itu,” ungkapnya. (log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.