Penajam Peroleh Rp10 Miliar Untuk Perawatan Jalan

Bagus Purwa

Jalan Dua Jalur Petung Akan Diperbaiki (Suherman – Hello Borneo)

Jalan Dua Jalur Petung Akan Diperbaiki (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memperoleh dana Rp10 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015 untuk perawatan dan perbaikan jalan nasional di daerah itu.

Kepala Bagian Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah (DPU Kimpraswil) Kabupaten Penajam Paser Utara Supardi di Penajam Paser Utara, mengatakan anggaran perbaikan dan perawatan jalan 2015 tersebut mengalami kenaikan Rp7 miliar dari tahun 2014.

“Setiap tahun, kami hanya mendapatkan dana Rp3 miliar dari pusat untuk perawatan dan perbaikan jalan nasional di Penajam Paser Utara dan tahun ini mengalami peningkatan Rp10 miliar,” ungkap Supardi.

Namun, untuk melakukan perbaikan dan perawatan jalan, anggaran tersebut, kata Supardi, masih relatif kecil.

“Karena anggaran perawatan dan perbaikan jalan nasional dari pemerintah pusat masih minim maka upaya perbaikan dan perawatan hanya dilakukan secara tambal sulam sehingga perbaikan titik-titik jalan tidak bertahan lama dan kembali mengalami kerusakan,” katanya.

“Secara keseluruhan, anggaran untuk perbaikan jalan nasional setiap tahun masih di bawah ideal sehingga pemerintah daerah hanya bisa melakukan kegiatan perbaikan seadanya,” ungkap Supardi.

Meskipun anggaran perbaikan dan perawatan jalan nasional yang diberikan pemerintah pusat relatif kecil namun, lanjut dia, DPU Kimpraswil Penajam Paser Utara tetap berupaya melakukan perbaikan jalan negara yang ada di daerah itu dengan kemantapan jalan mencapai 70 persen.

“Kami akan melakukan perbaikan jalan nasional mulai Maret 2015. Jalan yang akan diperbaiki sepanjang 60 kilometer, mulai dari titik kilometer 10 Kecamatan Penajam sampai Kecamatan Babulu. Kami upayakan kemantapan jalan bisa 70 persen,” ujar Supardi.

Kemantapan jalan negara atau trans Kalimantan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini, tambahnya, masih berkisar 50 hingga 60 persen.

“Kami berharap pemerintah pusat setiap tahun dapat menambah anggaran perbaikan dan perawatan jalan tersebut, sehingga kemantapan jalan dapat terus ditingkatkan,” ungkap Supardi.(log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.