Penajam Siapkan Lahan 100 Hektare Bangun MTP

Bagus Purwa

Kawasan Maritime Techno Park

Kawasan Maritime Techno Park

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan lahan 100 hektare di kawasan Buluminung untuk membangun Maritime Techno Park sesuai rencana pemerintah pusat.

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, Selasa, mengatakan pemerintah daerah menyambut positif rencana Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Bappenas untuk membangun MTP di daerah itu.

“Untuk mewujudkan langkah tersebut, kami telah menyiapkan lahan 100 hektare di Buluminung,” katanya.

Menurut dia, pembangunan MTP tersebut akan menjadi `pilot project’ atau proyek percontohan penelitian kemaritiman di Indonesia.

Ia mengatakan pembebasan lahan untuk lokasi pembangunannya sedang diproses. Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, hanya menyiapkan lahan.

Sedangkan untuk pembangunan fisiknya serta fasilitas MTP di Buluminung itu, menurut Yusran Aspar, sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemerintah pusat.

“Kami hanya menyiapkan lahan, dan untuk pembangunan fisiknya serta penguatan programnya menjadi tanggung jawab Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman,” kata Yusran Aspar.

Sementara itu, Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar mengatakan untuk mewujudkan pembangunan MTP tersebut, pemerintah pusat melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyiapkan anggaran Rp10 miliar.

“Kami mendapatkan informasi bahwa pada 2015 ini BPPT sudah menganggarkan Rp10 miliar sebagai langkah awal pembangunan MTP,” ujar Tohar.

Namun, menurut dia, pemerintah daerah belum mengetahui peruntukkan anggaran Rp10 miliar dari BPPT tersebut, karena perencanaan MTP itu dari pemerintah pusat, sedangkan pemerintah kabupaten hanya menyediakan lahan untuk lokasi MTP.

“Semua pengelolaan MTP merupakan wewenang pemerintah pusat, dan kami hanya menyediakan lahan,” katanya.

Ia mengatakan MTP salah satunya untuk pengembangan teknologi tepat guna yang menunjang usaha kecil menengah (UKM), sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi di masyarakat.(log)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *