SATPOL PP Penajam Bongkar Bangunan Diatas Pipa Gas

AH Ari B

Pembongkaran Bangunan Liar di Jalur Pipa Pertamina (Kambolo' - Hello Borneo)

Pembongkaran Bangunan Liar di Jalur Pipa Pertamina (Kambolo’ – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Tiga bangunan liar diatas jalur pipa gas milik Pertamina di Kilometer 1 Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), rabu pagi dibongkar paksa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Penertiban ini sesuai dengan Peraturan daerah (Perda) Kabupaten PPU Nomor 17 tahun 2009 tentang Ketertiban Umum .

Kepala Seksi Operasional Satpol PP PPU Denny Handayansyah mengatakan aksi pembongkaran paksa dilakukan setelah petugas melayangkan tiga kali surat peringatan, namun tetap tak digubris oleh 3 pemilik bangunan liar tersebut.

“Sudah sesuai prosedur, pemilik sudah diminta untuk membongkar sendiri tapi tak dihiraukan, jadi terpaksa kami tindak dengan melakukan pembongkaran,” kata Denny.

Untuk pembongkaran bangunan liar yang merupakan dua kios Bahan Bakar Minyak eceran dan Warung Makan Satpol PP Kabupaten PPU menurukan satu pleton atau 30 orang anggotanya.
Lahan yang digunakan ketiga pemilik bangunan, menurut Denny, merupakan tanah Negara yang telah dikuasakan oleh pihak Pertamina, dan diatasnya tidak boleh didirikan bangunan.

“Pelanggarannya sangat jelas, yang pertama berupaya menguasai tanah yang bukan miliknya. Kedua karena ada rencana pengembangan green belt (jalur hijau) oleh pemerintah untuk keindahan daerah, otomatis kami (Satpol) perlu menyiapkan agar lahanng nantinya akan dibangun tidak ada bangunan liar yang mengganggu,” katanya .

Ia juga mengungkapkan pihaknya akan mengawasi dan menertibkan seluruh bangunan illegal (liar) yang ada di atas jalur pipa gas milik pertamina, termasuk melarang masyarakat untuk berjualan di area green belt.
“Ini merupakan langkah awal. Yang jelas kedepannya kami akan berupaya jalur hijau bersih sekaligus rapi dari bangunan liar, atapun pedagang,” pungkasnya.(log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.