Perancis, & Bank Dunia Berminat Investasi MTP Penajam

Gusti

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Prof. Indroyono Soesilo menerima cindra mata dari Bupati PPU berupa patung rusa sambar (Subur - Humas Setkab PPU)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Prof. Indroyono Soesilo menerima cindra mata dari Bupati PPU berupa patung rusa sambar (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Yusran Aspar, saat ditemui redaksi helloborneo.com mengatakan, proyek khusus Marintim Techno Park (MTP) di Buluminung memang belum diketahui berapa anggarannya, namun dipastikan bersumber dari APBN, APBD, dan partisipasi asing, seperti Perancis,  dan Bank Dunia menyatakan akan ikut dalam proyek ini.

Secara nasional pembangunan MTP ini telah masuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019. Pembangunan MTP tersebut bakal menjadi yang terbesar skala nasional sehinggan menjadi Nasional Sains Techno Park.

“Diestimasikan pengembangan pusat teknologi kelautan itu mampu menampung belasan unit kapal riset dan survei. Kesepakatan Pembangunan juga telah juga telah ditandatangani,“ ungkap Yusran.

Dikatakan Yusran, pembangunan Maritim Techno Park juga tidak terpaku pada tingkat sains teknologi semata. Namun, titik tekannya bagaimana meningkatkan produktivitas industri, sehingga berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Dalam hal ini, Pemkab PPU juga memberikan dukungan penuh terwujudnya pembangunan MTP tersebut, di antaranya, dengan menyiapkan lahan seluas 100 hektare untuk pelabuhan ini diatas Kawasan Industri Buluminung, juga menyiapkan SDM melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) selama dua tahun ke Rusia,“ pungkasnya. (log)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *