RSUD Penajam Sediakan Klinik Tangani HIV

Bagus Purwa
Penajam, helloborneo.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara, menyediakan klinik untuk melayani “Voluntary Conseling and Testing” (VCT) atau layanan konseling dan test HIV sebagai upaya pencegahan atau penanggulangan HIV/AIDS di daerah itu.

Direktur RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat, Senin, mengatakan, RSUD menyediakan klinik VCT tersebut untuk memberikan penanganan khusus terhadap penderita HIV/AIDS. Serta membantu Dinas Kesehatan dalam penanggulangan HIV di daerah ini.

“Klinik ini semacam konsultasi antara pasien denga tim VCT. Dan juga sebagai upaya kami dalam mencegah atau mengurangi penyebaran HIV dimasyarakat,” ujarnya.

Untuk mendukung klinik VCT tersebut, lanjut Grace Makisurat, RSUD juga telah melatih khusus tenaga medis untuk menangani HIV/AIDS sehinnga penangan atau pencegahan penyebaran HIV dimasyarakat dapat dilakukan dengan optimal.

“Kami sudah melatih dua orang dokter, apoteker serta perawat serta petugas laboratorium untuk bertugas menangani pasien HIV/AIDS di klinik VCT itu,” ucapnya.

Grace Makisurat mengharapkan, klinik VCT dapat berkembang sebagai pusat konsultasi pencegahan atau penanggulangan HIV/AIDS di wilayah Penajam Paser Utara. terutama pada kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan.

“Kami berupaya melakukan pencegahan kepada masyarakat agar penderita HIV/AIDS tidak semakin meningkat. Dan kedepan kami akan sediakan ruang isolasi untuk perawatan pasien HIV/AIDS,” katanya.

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, pada awal tahun 2015 ada dua orang dengan HIV/AIDS (ODHA) meninggal dunia dan lima ODHA lainnya pindah ke luar wilayah Penajam Paser Utara. Sehingga sampai saat ini, ODHA yang terdata di Dinas Kesehatan ada 24 orang. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.