Jaring Bibit Pecatur, Percasi Penajam Gelar Turnamen

Alpian – Humas Setkab Penajam Paser Utara

Penajam, helloborneo.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggelar turnamen catur terbuka untuk memberi kesempatan atlet yunior untuk bertanding sehingga akan muncul atlet-atlet baru di daerah itu.

“Turnamen catur yang dilaksanakan mulai 14 sampai 16 Mei 2015 diikuti 14 pecatur yunior dan 48 pecatur senior, pertandingan antara senior dan yunior digabung dengan system ranking,” jelas Ketua Percasi Penajam Paser Utara, Rozihan Asward, di Penajam.

“Kami sengaja menggabungkan antara pecatur senior dan yunior dalam turnamen ini, agar menambah pengalaman dan sebagai ajang uji coba persiapan kejuaraan daerah (Kejurda) di Kabupaten Kuta Kartanegara (Kukar),” katanya.

Menurut Rozihan, Percasi Penajam Paser Utara, akan terus menjaring bibit pecatur handal untuk dibina, khususnya pecatur yunior. Percasi akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dalam mengadakan turnamen-turnamen catur.

“Kami akan bekerja sama dengan Disdikpora untuk mencari bibit pecatur yang nantinya bisa diandalkan mengikuti kejuaraan catur, dan untuk pecinta catur disarankan membentuk club-club catur,” ujarnya.

Rozihan menyatakan, dalam turnamen terbuka tersebut para pemenang pertama sampai ketiga mendapatkan tropi dan sertifikat serta uang pembinaan. Sedangkan untuk pemenang keempat sampai 10 hanya mendapatkan uang pembinaan.

“Untuk menentukan enam pecatur senior dan enam pecatur yunior mengikuti Kejurda di Tenggarong, Kabupaten Kukar, Percasi akan melakukan seleksi lagi,” ungkapnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Penajam Paser Utara, Amir Sindrang mengharapkan, pecatur-pecatur Penajam Paser Utara menjadi pecatur yang handal, khususnya pecatur-pecatur yunior jangan takut untuk melawan pecatur-pecatur senior untuk meningkatkan kemampuan dan mental bertanding.

Sementara itu, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani menyatakan, Disdikpora sangat mendukung dengan adanya turnamen catur terbuka tersebut, karna selain melatih mental juga menumbuhkan karakter positif anak.

“Kami sangat mendukung dan selalu siap bekerja sama agar siswa-siswi yang menyukai olahraga catur akan menjadi pecatur-pecatur handal yang dapat meraih prestasi yang membanggakan,” katanya. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.