Disdukcapil Penajam : Blanko KTP Elektronik Sisa 900 Keping

DIka

 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) eleketronik , kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabuapten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Suyanto, sampai saat ini hanya tersisa 900 keping.

“Persediaan blanko KTP elektronik yang kami miliki saat ini hanya tersisa 900 keping dan diperkiarakan hanya cukup untuk kebutuhan satu bulan,” ungkap Suyanto, di Penajam, Jumat.

Ia menjelaskan, sejak dilimpahkan kewenangan percetakan KTP elektronik kepada kabupaten/kota. Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, telah mencetak sekitar 5.069 keping KTP elektronik. KTP elektronik yeng sudah tercetak tersebut, untuk warga yang baru genap usia 17 tahun atau wajib KTP, termasuk warga yang melakukan perubahan alamat dan KTP elektronik warga bersangkutan mengalami kerusakan.

“Dalam satu bulan kami melakukan percetakan KTP elektronik paling sedikit berkisar 598 keping dan paling banyak pada sekisar 1.250 keping,” jelas Suyanto.

Menurutnya, jumlah penduduk Penajam Paser Utara mencapai 184 ribu jiwa. warga wajib KTP sebanyak 124.415 jiwa yang tersebar di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Penajam sebanyak 58.367 jiwa. Waru 13.469 jiwa, Babulu 25.616 jiwa dan di Kecamatan Sepaku 26.963 jiwa.

“Yang terdata di Disdukcapil diantara jumlah wajib KTP itu terdapat 10 persen warga wajib KTP belum memiliki KTP elektronik,” ujar Suyanto.

Namun ia mengatakan, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan dengan menipisnya persediaan blanko KTP elektronik. Pasalnya, Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara akan segera menyurati Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta penambahan persediaan blanko KTP elektronik tersebut.

“Kami akan segera sampaikan kepada pemerintah pusat kalau blanko KTP elektronik yang ada di Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara tinggal sedikit,” kata Suyanto. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.