Perintah Swasembada Pangan Sama Dengan Operasi Militer

Bagus Purwa

 

Komandan Kodim (Dandim) 0913 Penajam Paser Utara, Letkol Czi Adi Suryanto (Suherman - Hello Borneo)

Komandan Kodim (Dandim) 0913 Penajam Paser Utara, Letkol Czi Adi Suryanto (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Komandan Kodim (Dandim) 0913 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Letkol Czi Adi Suryanto menegaskan, instruksi mendukung program pangan nasional untuk mewujudkan swasembada pangan 2017, tingkatannya sama dengan ketika ditugaskan operasi militer ke wilayah konflik.

“Apabila sudah ada perintah operasi berarti ada targetnya. Ada capaiannya gagal atau berhasil. Jika gagal, maka akan ada sanksi, tetapi jika berhasil, maka akan ada penghargaan,” ungkap Adi Suryanto, di Penajam, Jumat.

“Namanya juga operasi serangan, maka peta serangannya harus jelas. Makanya harus diperjelas supaya sasarannya pasti. Makanya kami menurunkan 54 bintara pembina desa (Babinsa) turun ke sawah bersama masyarakat,” katanya.

Menerjunkan Babinsa untuk membantu petani tersebut, menurut Adi Suryanto, sesuai instruksi Kepala Staf (Kasat) TNI AD, agar membantu petani menuju swasembada pangan 2017 yang didasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani antara Menteri Pertanian dan Kasat TNI AD.

Kesepakatan untuk menyukseskan swasembada pangan tersebut, yakni penandatanganan yang dilakukan oleh Panglima TNI dengan Menteri Pertanian bersama Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim). Kemudian turut dilakukan penandatanganan “memorandum of understanding” (MoU) antara Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman dengan Dinas Pertanian Kaltim.

Tindak lanjutnya kemudian, kata Adi Suryanto, Dandim 0913 Penajam Paser Utara bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dalam menginventarisasi potensi pertanian di wilayah masing-masing.

Hal tersebut dilakukan agar diketahui secara rinci potensi dan sebaran lahan pertanian produktif hingga wilayah perdesaan, karena yang menjadi objek adalah kawasan perdesaan.

Selain menerjunkan Babinsa, tambah Adi Suryanto, Kodim 0913 Penajam Paser Utara juga menyiapkan 124 personel lainnya untuk dikerahkan mewujudkan program swasembada pangan. Bukan hanya melakukan pendampingan kepada para petani, namun turun langsung ke lapangan ikut membantu para petani, mulai tahap menanam, mengelola lahan hingga panen. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.