Dihubbudpar Penajam Cek Kelaikan Angkutan Jelang Lebaran

Bagus Purwa

 

 

Kabid Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi (Suherman - Hello Borneo)

Kabid Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melakukan pengecekan kelaikan kondisi angkutan umum untuk menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran 2015.

“Untuk persiapan angkutan lebaran kami lakukan pengecekan kelaikan armada angkutan umum dalam kota maupun antar daerah. Kami fokuskan di terminal Penajam,” kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi, di Penajam, Senin.

Menurut dia, pengecekan kelaikan armada angkutan umum yang digunakan untuk melayani penumpang pada arus mudik dan balik lebaran tersebut menjadi salah satu prioritas karena berkaitan dengan keselamatan berkendara di jalan raya.

Buhadi menegaskan jika ditemukan adanya angkutan umum yang tidak laik jalan bakal ditarik dari operasional untuk menjalani pembenahan karena membahayakan keselamatan penumpang dan masyarakat.

Dishubbudpar Penajam Paser Utara, kata dia, jug berkoordinasi dengan organisasi angkutan darat (organda) untuk membantu melakukan pengawasan terhadap armada-armada angkutan umum yang dioperasikan saat Lebaran.

“Organda ikut mengawasi agar kendaraan-kendaraan yang tidak laik jalan tidak dipaksakan dioperasikan oleh pengelola, sebelum menjalani pembenahan dan perbaikan kondisi,” kata Buhadi.

“Kami lakukan pemeriksaan ulang terhadap angkutan umum untuk kesiapan angkutan lebaran itu, baik pemeriksaan secara fisik dan teknis kendaraan maupun kelengkapan surat-sirat kendaraan, serta kondisi pengemudi angkutan itu,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.