PT SEI Temukan Cadangan Gas di Wilayah Penajam

Suherman

 

Penajam, helloborneo.com – PT Saka Energi Indonesia (SEI) berhasil menemukan cadangan gas dengan perkiraan awal lebih dari 500 miliar kaki kubik di wilayah kerja “South” Sesulu atau Blok Sesulu di wilayah Penajam Paser Utara, lepas pantai Kalimatan Timur (Kaltim).

“Kerja Keras PT SEI, akhirnya menemukan cadangan sehingga menambah jumlah sumur gas yang ada kabupaten Penajam Paser Utara,” ungkap Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ, di Penajam, Senin.

Cadangan gas tersebut, kata dia, memiliki laju alir (rate) 18 juta kaki kubik pe hari (MMSCFD) pada bukaan manfoid 40/64 inci. Penemuan tersebut berpotensi menambah cadangan gas negara mencapai 1,2 triliun kaki kubik (TCF).

Menurut Mustaqim, penemuan cadangan gas tersebut akan menambah jumlah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Penjaam Paser Utara yang selama ini banyak dihasilkan dari dana bagi hasil minyak bumi dan gas (Migas).

“Dengan adanya cadangan gas baru, akan meningkatkan pendapatan daerah dan akan mempercepat pertumbuhan pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara,” katanya.

Target produksi 100 persen di “South” Sesulu atau Blok sesulu tersebut, tambah Mustaqim, diperkirakan pada 2019, target periode rencana pengembangan (Plan of Development/POD) blok tersebut pada 2018 kemudian dilanjutkan dengan “on stream” selama satu tahun.

“Sumur SIS-A#1 dapat memproduksikan gas sebesar 19 MCFD pada “production testing” dimana cadangan gas sebesar 500 BCF,” jelasnya.

Blok Sesulu yang berjarak kurang lebih 60 km dari Balikpapan atau tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara jika di tempuh dengan speed Boot Kurang lebih 2,5 jam.

Letak Blok Sesulu atau “South” Sesulu kurang lebih 60 kilometer jaraknya dari Balikpapan. Jika ditempuh dengan menggunakan “speed boat” selama 2,5 jam, letaknya di sebelah tenggara Balikpapan di Penajam Paser Utara. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.