Penajam Dapat Jatah 200 Sertifikat Lahan Gratis

Suherman

 

 

Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sardi (Suherman - Hello Borneo)

Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sardi (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kecamatan Penajam, Kabupaten Paser Utara, Kalimantan Timur, mendapatkan jatah 200 sertifikat lahan pertanian bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) 2015, yang akan dibagikan secara gratis kepada para petani.

Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sardi, di Penajam, Selasa, mengungkapkan, Kecamatan Penajam mendaptkan kuota sertifikat lahan pertanian dari Pemprov Kaltim. Sehingga diharapkan warga yang memiliki lahan pertanian segera mendaftar ke kelurahan masing-masing.

Permohonan untuk mendapatkan lahan pertanian gratis tersebut, kata dia, sangat mudah. Dimana warga yang memiliki lahan pertanian hanya memberikan nama terlebih dahulu ke kelurahan masing-masing dan kelengkapan data lainnya bisa menyusul.

“Warga yang memilki lahan pertanian segera berikan nama agar didaftar oleh kelurahan masing-masing, persyaratan lainnya bisa belakangan,” ujar Sardi.

Pendaftaran untuk mendapatkan sertifikasi lahan pertanian gratis itu dibuka Kamis (9/7), jika data sudah terkumpul secepatnya akan kami bawa ke Pemprov Kaltim,” jelasnya.

Sertifikat lahan pertanian tersebut, menurut Sardi, hanya diberikan untuk masyarakat yang memiliki lahan pertanian, bukan diperuntukkan lahan perkebunan dan pemukiman. Sehingga lahan pertanian yang telah mendapatkan sertifikat dari Pemprov Kaltim itu tidak bisa diubah menjadi lahan perkebunan atau pemukiman.

Lahan pertanian di Kecamatan Penajam, tambahnya, paling banyak tersebar di Kelurahan Petung, Sidorejo dan Giri Purwa. Luasan lahan untuk satu sertifikat lahan pertanian sekitar 2 hektare dan anggaran untuk satu sertifikat lahan pertanian tersebut merupakan ketentuan Pemprov Kaltim.

“Anggaran untuk satu sertfikat lahan pertanian dengan luas 2 hektare adalah ketentuan Pemprov Kaltim, jadi warga yang memiliki lahan pertanian silahkan segera mendaftar lahannya untuk mendapatkan sertifikat gratis,” kata Sardi. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.