Keuangan Penajam Defisit Rp500 Miliar

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ saat memberikan sambutan pada Safari Ramadhan terakhir yang digelar pemerintah setempat (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ saat memberikan sambutan pada Safari Ramadhan terakhir yang digelar pemerintah setempat (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Keuangan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengalami defisit sekisar Rp500 miliar, kata Wakil Bupati Mustaqim MZ, pada pada acara Buka Bersama dan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, beberapa waktu lalu.

“Kekurangan anggaran bukan saja dialami Kabupaten Penajam Paser Utara saja, tapi hampir seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hal yang sama. Manakala pemerintah pusat mengalami hal serupa, maka inbasnya berpengaruh pada anggaran di daerah,” jelasnya.

Berkurangnya Anggaran APBD tersebut, menurut Mustaqim, karena hasil penjuaalan minyak dan gas (migas) mengalami penurunan harga. Pada pembahasan APBN dan APBD diperkirakan harga migas akan mencapai 100 dollar Amerika per barel, ternyata harga migas sekarang hanya mencapai kurang lebih 50 dollar Amerika per barel karena “over” atau kelebihan produksi.

“Informasi mengenai penurunan harga minyak kami dapat ketika Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar acara buka bersama dengan PT Chevron Inonesia Compeni dan PT Pertamina Persero,” katanya.

“Hukum ekonomi berlaku ketika produksi melimpah harga barang turun dan ketika permintaan banyak sementara produksi berkurang maka harga barang akan meningkat tajam,” jelas Mustaqim.

Pada acara Safari Ramadhan terakhir digelar Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, diisi dengan ceramah agama oleh Kepala Bagian Urusan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Suriansyah.

Dalam ceramahnya Suriansyah menjelaskan tentang nafsu yang dikendalikan syaiton, yang mana syaiton memiliki banyak tentara nafsu, tentara-tentaranya itu yakni, dengki , buruk sangka, kikir, dan nafsu yang paling menjerumuskan manusia adalah nafsu amarah.

“Dalam ibadah puasa umat Islam dilatih untuk menekan dan mengendalikan semua itu, orang yang paling cerdas dalam kehidupan beragama ialah orang selalu ingat akan kematian dan mempersiapkannya,” jelasnya.

Acara Safari Ramadhan yang dilaksanakan di kediama Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ tersebut dihadiri Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, Wakil Ketua DPRD dan para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Safari Ramadhan yang dirangkai dengan pemberian santunan paket lebaran yang dilakukan Wakil Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Penajam Paser Utara, Yuli Maghfirah kepada anak yatim piatu dan para jompo tersebut, juga dihadiri tokoh masyarakat beserta undangan. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.