Warga Penajam Perhatikan Keamanan Sambut Lebaran

AH Ari B

 

Kapolres Penajam Paser Utara Joudy Mailoor

Kapolres Penajam Paser Utara Joudy Mailoor

Penajam, helloborneo.com – Warga Kabupaten Penajam Paser utara, Kalimantan Timur, harus memperhatikan keamanan saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, kata Kapolres Ajun Komisaris Besar Joudy Mailoor.

“Warga yang mudik atau akan melakukan silaturahmi agar memastikan rumah dalam keadaan terkunci dan menitipkan ke petugas keamanan atau ke tetangga terdekat,” kata Joudy Mailoor, ketika dihubungi di Penajam, Jumat.

Kejadian pencuri masuk ke rumah warga, menurutnya, selama bulan puasa cukup marak dan tidak menutup kemungkinan pada saat lebaran akan dimanfaatkan oknum untuk berbuat kejahatan karena melihat banyak rumah warga dalam keadaan kosong.

“Sepanjang puasa penccurian di rumah warga cukup marak, jadi warga harus meningkatkan kewaspadaan memperhatikan keamanan sebelum meninggalkan rumah,” ujar Joudy Mailoor.

Ia mengharapkan, masyarakat menjadi polisi bari diri sendiri atau bersikap waspada, sebagai antisipasi lemanan di rumah warga masing-masing. Dan menyarankan masyarakat untuk memasang teralis besi disetiap jendela.

“Setiap jendela rumah sebaiknya dipasangi teralis besi untuk menjaga keamanan di rumah warga masing-masing,,” kata Joudy Mailoor.

Bagi warga yang akan melakukan sliaturahmi ke rumah keluarga atau tetangga, terutama warga yang akan melakukan mudik, tambahnya, harus memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan sudah mematikan kompor, mencabut selang tabung gas serta mencabut colokan listrik peralatan elektronik dan memadamkan listrik. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.