Mustaqim MZ Berharap Klinik VCT Jadi Layanan HIV Berkelanjutan

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ mengharapkan klinik “Voluntary Counselling and Testing” (VCT) menjadi layanan kesehatan HIV/AIDS berkelanjutan dan dapat membantu menanggulangi HIV/AIDS di daerah itu.

“Keberadaan klinik VCT ini diharapkan memudahkan penaganan dan pengobatan terhadap yang terinfeksi HIV/AIDS serta dapat membantu mengurangi infeksi HIV,” kata Wabup Mustaqim MZ usai meresmikan pengoperasian ruang operasi, ruang rawat inap bedah dan klinik VCT, Selasa.

“Klinik VCT, harus mampu memberikan layanan penanggulangan HIV/AIDS, bukan saja melayani konseling dan tes HIV secara sukarela, tapi juga memberikan pengobatan dan perlindungan bagi ODHA (orang dengan HIV/AIDS),” jelasnya.

Mustaqim juga mengharapkan, dengan dibukanya layanan ruang operasi den klinik VCT tersebut menjadikan pelayanan di RSUD Penajam Paser Utara semakin meningkat, karena fasilitas yang dimilki tidak kalah dengan rumah sakit lainnya.

“Saya harapkan pelayanan RSUD dapat semakin meningkat setelah dibulanya tuang operasi dan klinik VCT sehingga tidak perlu lagi pasien Penajam Paser Utara dirujuk ke rumah sakit di Balikpapan,” ujarnya.

Sementara Direktrur RSUD Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat menyatakan, akan terus berupaya meningkatkan palayanan rumah sakit, karena semua peralatan dan perlengkapan di ruang pelayanan dan operasi telah dibenahi.

Namun untuk dokter spesialis anastesi yang ada di RSUD Penajam Paser Utara, kata dia, saat ini masih bersifat kontrak sehingga untuk kegiatan operasi disesuaikan dengan keadaan.

Sedangkan untuk jumlah pasien yang dirawat di RSUD, tambah Grace Makisurat, setiap tahun mengalami peningkatan. Dimana tahun 2013 tercacat 2.089 pasien yang dirawat dan tahun 2014 meningkat menjadi 4.980 pasien yang dirawat di RSUD Penajam Paser Utara.

Usai meresmikan tiga ruang di RSUD, Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ bersama Direktur RSUD, Jense Grace Makisurat beserta rombongan meninjau ruang bedah sentral yang terdiri dari ruang operasi dan ruang pasca operasi, serta poliklinik umum dan klinik VCT.

Hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam PAser Utara, Arnold Wayong, Wakapolres Penajam Paser Utara, Kompol Sukarman dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.