Legislator Penajam Dukung Pengembangan Kawasan Pesisir

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – Legislator dari Komisi III DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Zainal Abidin, mendukung pengembangan kawasan pesisir sebagai kawasan “Water Front City” sesuai rencana Bupati Yusran Aspar.

“Rencana bupati akan menjadikan kawasan itu sebagai rumah dinas, pendopo, “guest house”, kolam renang dan perkantoran terpadu, serta hotel tersebut nanti akan menjadi ikon andalan Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelas anggota Komisi III DPRD Penajam Paser Utara, Zainal Abidin, di Penajam, Selasa.

Program pembangunan “Water Front City” tersebut, menurut dia, akan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta menyerap tenaga kerja lokal. Namun, hingga saat ini pelaksanaan pembangunan kawasan pesisir tersebut masih terkendala pembebasan lahan, dimana “Water Front City” membutuhkan lahan seluas 479 hektare.

Selain dinilai dapat meningkatkan PAD pembangunan “Water Front City”, lanjut Zainal Abidin, tujuan pengembangan kawasan pesisir tersebut, juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat atau publik.

Perencanaan pembangunan kawasan pesisir, kata dia, terbagi dua kegiatan, yakni, kawasan makro lingkup wilayah perencanaan pada “conceptual design” atau tematik kawasan serta kawasan mikro sebagai pengembangan “site planning” dan “detail engineering design” (DED).

Dengan kebaradaan “Water Front City”, tambah Zainal Abidin, setiap orang yang akan ke Kalimantan Timur (Kaltim) dengan menggunakan pesawat terbang dan turun di bandara bandara Sultan Aji Sulaiman Muhammad Sepinggan, Balikpapan akan melihat kemegahan Penajam Paser Utara di kawasan pesisir tersebut.

“Selama ini yang lebih dikenal orang itu daerah Petung bukan Penajam. Padahal pusat pemerintahan berada di Penajam. Tentunya kalau ada “Water Front City”, maka Penajam akan lebih dikenal dari sebelumnya,” kata politisi dari PAN tersebut. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.