Disdukcapil Penajam Belum Dapat Blanko KTP Elektronik

AH Ari B

 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, belum mendapatkan blanko KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri sehingga diperkirakan layanan pencetakan KTP elektronik dihentikan sementara hingga Sepetember 2015.

“Kami belum bisa lakukan pencetakan KTP elektronik karena persediaan blanko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai sekarang belum dikirim,” jelas Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto, di Penajam, Kamis.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, menurutnya, menargetkan pada pertengahan Agustus 2015 ini mulai melakukan layanan pencetakan KTP elektronik yang sejak Juni 2015 lalu dihentikan sementara karena kehabisan blanko KTP elektronik.

“Kami belum bisa melakukan layanan pencetakan KTP elektronik, yang awalnya kami targetkan pertengahan bulan ini bisa melayani penerbitan KTP elektronik karena persediaan blanko masih kosong,” katanya.

“Saya prdiksikan layanan pencetakan KTP elektronik baru bisa dilakukan pada September 2015, karena pemerintah pusat baru melelang pengadaan blanko KTP elektronik itu,” jelas Suyanto.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, mengusulkan sekitar 14 ribu keping blanko KTP elektronik kepada Kemendagri, namun Kemendagri hanya menyeutujui 10 ribu keping. Sedangkan sejak Juni hingga Agustus 2015 ini, sebanyak 3 ribu KTP elektronik belum tercetak.

Suyanto mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara pemegang KTP elektronik seumur hidup yang belum aktivasi sidik jari untuk segera melakukan klarifikasi ke kantor Disdukcapil setempat.

“Jika warga pemilik KTP elektronik itu belum melakukan pencocokan atau aktivasi sidik jari KTP elektronik yang dimiliki warga bersangkutan tidak bisa digunakan,” ujarnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.