Ribuan Pramuka Ikuti Perkemahan di Penajam

Suherman

 

Upacara pembukaan perkemahan HUT Pramuka ke-54 di Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo)

Upacara pembukaan perkemahan HUT Pramuka ke-54 di Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sekitar 1.300 pramuka pengalang dan penegak mendirikan kemah di halaman Dome Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memperingati hari ulang tahun Pramuka ke-54 yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka setempat 28-30 Agustus 2015.

“Awalnya kami hanya targetkan 300 peserta, tapi sampai pembukaan tercatat sampai 1.300 peserta yang mengikuti perkemahan HUT Pramuka ke-54 itu,” ungkap Ketua pelaksana perkemahan HUT Pramuka ke-54, Suyanto, di Penajam, Jumat.

Peserta kegiatan perkemahan tersebut, menurut dia, bukan saja dikuti anggota pramuka yang berasal dari sekloah yang ada di wilayah Penajam Paser Utara saja, namun anggota pramuka dari SMP Negeri 4 Balikpapan juga ikut berpartsipasi.

Suyanto yang juga sebagai Wakil Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kabupaten Penajam Paser Utara itu, mengatakan dalam kegiatan perkemahan tersebut banyak kegiatan kepramukaan dengan metode belajar mengajar yang interaktif dan progresif dilakukan dialam terbuka.

“Peserta dikenalkan dengan kehidupan alam bebas ketergantungan antara unsur-unsur alam, saling memberikan pengalaman dan mengembangkan sikap bertanggung jawab, serta saling menghormati antar sesama dengan mengedepankan kerjasama persatuan dan persaudaraan” jelanya.

Selain itu pada kegiatan perkemahan tersebut, tambah Suyanto, peserta perkemahan juga diajak mengembangkan permainan yang menatang dan menarik secara berkelompok dalam satuan terpisah yang bersifat kompetitif,dengan menerapkan sistem kecakapan.

“jadi kegiatan kepramukaan mulai membangun tenda dan kegiatan lainya adalah kegiatan rutin yang biasa ada dalam kegiatan perkemahan pramuka itu,” ujarnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.