Turis Asing Kesal Pengunjung Corat-Coret Ornamen Goa di Penajam

Suherman

 

Turis asal Spanyol, Neus Rossel Civit saat menelusuri Goa Besiang di Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo).

Turis asal Spanyol, Neus Rossel Civit saat menelusuri Goa Besiang di Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman – Hello Borneo).

Penajam, helloborneo.com – Turis asal Spanyol, Neus Rossel Civit kesal dengan perlakuan pengujung yang mencoret ornamen Goa Besiang yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, saat menelusuri goa tersebut.

Neus Rossel Civit, di Penajam, Jumat, menegaskan, Goa Bensiang di areal hutan konservasi tersebut sangat menarik dan memliki ciri yang unik, dan harus ada pengelolaan dan pengawasan khusus di Goa Bensiang karena ornamen yang ada di goa tersebut terbentuk karena tetesan air yang beratusan tahun lamanya.

“Di goa itu perlu dipasang papan peringatan serta sosialisasi kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak lagi mencorat-coret atau merusak ornamen yang ada,” katanya.

“Sangat disayangkan kalau keberadaan goa itu dibiarkan, jadi dibutuhkan kesadaran warga agar bisa menjaga Goa Besiang itu,” jelas mahasiswa pertukaran pelajar oleh Pemerintah Indonesia dan Spanyol tersebut.

Sementara iKepala Bidang Budaya dan Pariwsata Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Fatmawati mengatakan, keberadaan Goa Besiang tersebut merupakan salah satu destinasi wisata Penajam Paser Utara yang harus dilesatarikan dan dilindungi.

Ia juga menyayangkan adanya coretan pada ornamen di goa tersebut. Dan untuk memandu para wisatawan Dishubbudpar akan menggandeng mahasiswa pecanta alam, karena mereka mengetahui teknis penelusuran dan keamanan dalam goa.

“Mereka tahu mulai dari perjalanan, keamanan penelusuran goa dan mengetahui nama ornamnen serta binantang apa saja yang ada di dalam goa, jadi kedepan kami akan menggadeng Mapala ,” jelas Fatmawati.

Keberadaan wisata alam salah satunya goa, tambahnya, saat ini bukan hanya diminati wisatawan nasional namun pencinta alam internasional sudah menjelajahi kemegahan lorong Goa Bensiang di Kabupaten Penajam Paser Utara,

“Kami akan segera melakukan pembenahan dan perbaikan terkait pengelolaan goa-goa yang ada di wilayah Penajam Paser Utara,” kata Fatmawati. (bp/*esa)




2 thoughts on “Turis Asing Kesal Pengunjung Corat-Coret Ornamen Goa di Penajam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *