Penajam Siapkan 4.232 Sapi Hadapi Idul Adha

AH Ari B

 

Hewan ternak sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Hewan ternak sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan menyiapkan 4.232 ekor sapi untuk mengantisipasi tingginya permintaan masyarakat saat Hari Raya Idul Adha 24 September 2015.

“Kami telah siapkan 4.232 ekor sapi baik dipetani maupun pedagang, jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan stok hewan kurban,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno, di Penajam, jumat.

Selain memastikan kecukupun stok sapi, lanjut dia, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara juga melakukan pemantauan agar sapi-sapi yang ada tersebut tidak cacat dan tidak membawa penyakit, baik penyakit antrax maupun penyakit lain.

“Jlelang Idul Adha kami bentuk tim pengawasan hewan kurban yang melibatkan semua petugas dan staf untuk memantau hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih,” ujar Arief Murdiyatno,

Pengawasan hewan ternak, menurut dia, merupakan agenda rutin Dinas Pertanian dan Peternnakan. Dimana tim pengawas hewan kurban tersebut akan melakukan pemeriksaan hewan kurban baik yang ada dipedagang maupun dipeternakan.

Namun Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Arief Murdiyato, akan lebih meningkatkan pengawasan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha, karena biasanya dalam perayaan Idul Adha banyak pedagang hewan ternak dari luar yang masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Sebelum dilakukan pemotongan terhadap hewan kurban, harus terlebih dahulu diperiksa, tim pengawas akan memastikan daging sapi produksi dari penyembelihan hewan kurban memenuhi syarat ASUH (aman sehat utuh dan halal) sebelum dibagikan kepada masyarakat,” jelasnya. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *