Dinas Kesehatan Penajam Kembali Temukan Warga Terinfeksi HIV

AH Ari B
Penajam helloborneo.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menemukan seorang laki-laki berusia 31 tahun, positif terinfeksi “Human Immunodeficiency Virus” (HIV) atau virus yang menyerang kekebalan manusia.

Pengelola Program HIV/AIDS Kabupaten Penajam Paser Utara, Sarjito Ponco Waluyo, di Penajam, Jumat, mengungkapkan pria warga Kecamatan Penajam tersebut diduga terinfeksi HIV melalui hubungan seksual.

“Kami temukan warga terinfeksi HIV itu sepekan lalu, dan diduga tertular dari istrinya melalui hubungan intim suami istri,” ungkapnya. Warga tersebut saat ini dirujuk ke Rumah Sakit Tentara Balikpapan untuk mendapat perawatan lebih lanjut karena terkena komplikasi Hepatitis dan Tuberkulosis (TB).

“Warga yang postif HIV itu sempat menjalani perawatan di puskesmas dan RSUD Penajam Paser Utara, kemudian dirujuk ke RS Tentara Balikpapan,” kata Ponco Waluyo.

Dengan ditemukannya kembali seorang warga terinfeksi HIV, menurutnya, jumlah ODHA (orang dengan HIV/AIDS) di Penajam Paser Utara tahun ini (2015) terdata mencapai 30 orang, namun sampai saat ini warga yang positif terinfeksi HIV tersebut menjadi 24 orang, karena berkurang enam orang.

Keenam ODHA tersebut, kata Ponco Waluyo, tiga orang diantaranya pindah ke luar wilayah Penajam Paser Utara karena alasan pekerjaan dan tiga orang lainnya meninggal dunia.Sedangkan penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara, 80 persen disebabkan dari hubungan seks bebas melalui IMS (infeksi menular sesksual) .

Sedangkan jumlah warga yang positif HIV di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, tambahnya, sampai saat ini tercatat mencapai 4.447 orang, sebanyak 1.242 orang sudah masuk dalam fase AIDS dan 490 orang di antaranya sudah meninggal dunia. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.