Penajam Kembangkan Pantai Corong

AH Ari B

Pengunjung padati pantai Corong menyaksikan Festuval Layang-Layang Benuo Taka 2015 (Suherman - Hello Borneo)

Pengunjung padati pantai Corong menyaksikan Festuval Layang-Layang Benuo Taka 2015 (Suherman – Hello Borneo)

Penajam helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan membebaskan lahan di wilayah pesisir Pantai Corong, Kelurhan Tanjung Tengah untuk mengembangkan pantai tersebut sebagai objek wisata bahari di daerah itu.

Kepala Dinas Perhububgan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin, ketika dihubungi di Penajam, mengatakan, sebagian besar lahan di pesisir pantai Corong masih berstatus milik masyarakat sehingga pemerintah daerah harus membebaskan lahan tersebut.

“Pemerintah daerah tidak bisa mengelola kawasan pantai Corong sebagai tempat rekreasi karena lahan di wilayah pantai Corong masih milik masyarakat,” ungkapnya.

“Rencana pemerintah daerah untuk mengembangkan pantai Corong sebagai salah satu tempat tujuan wisata laut, karena melihat animo masyarakat pada festival layang-layang kemarin cukup tinggi,” jelas Alimuddin.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, menyiapkan anggaran sekisar Rp2 miliar untuk pembebasan lahan seluas 3 hektare di pesisir pantai Corong tersebut, serta perencanaan pembangunan fasilitas umum pada 2016 mendatang.

Menurut Alimuddin, pemerintah daerah berencana membangun sarana prasarana yang dilengkapi fasilitas umum sehingga wisatawan dari lokal maupun mancanegara semakin berminat untuk berkunjung ke pantai Corong.
“Kami akan lengkapi tempat parkir, toilet serta ruko untuk tempat berjualan souvenir masyarakat setempat, jadi wisatawan berminat untuk datang ke pantai Corong ,” ujarnya.

Pengembangan pantai Corong tersebut, tambah Alimuddin, selain bertujuan untuk menyemarakan objek wisata andalan Kabupaten Penajam Paser Utara, juga sebagai upaya pemerintah daerah meningkat PAD (pendapatan asli daerah). (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.