Harga Sapi di Penajam Turun

AH Ari B

 

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Menjelang Idul Adha harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengalami penurunan antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.

“Dari pantuan di lapangan harga daging sapi di pasar tradisional turun antara Rp10 ribu sampai Rp20 ribu per per kilogram dari harga sebelumnya,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli di Penajam, Senin.

Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional saat ini, lanjutnya, Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kilogram, sebelumnya pada saat Idul Fitri dan pasca Idul Fitri harga daging sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai Rp130 ribu sampai Rp140 ribu per kilogram.

Penurunan harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional tersebut, kata Rusli, diprediksi karena jumlah permintaan konsumen terhadap daging sapi menurun mendekati hari raya kurban atau Idil Adha pada 24 September 2015.

“Penurunan harga daging sapi terjadi di seluruh pasar tradisional di wilayah Penajam Paser Utara, dan diprediksi penurunan harga daging sapi akan berlangsung hingga H+7 atau tujuh hari setelah Idul Adha ,” katanya.

Meski harga daging sapi mengalami penurunan, namun menjelang Idul Adha, menurut Rusli harga hewan ternak sapi saat ini mulai mengalami kenaikan, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya karena permintaan hewan ternak sapi cenderung mulai meningkat.

Harga satiu ekor sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini, kata dia, minimal mencapai Rp25 juta sampai Rp20 juta, kenaikan harga tersebut karena menjelang Idul Adha permintaan ternak sapi dari warga untuk kurban meningkat.

Selain harga hewan ternak sapi mengalami kenaikan, lanjut Rusli, harga daging ayam kampung juga mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu, yang sebelumnya Rp60 ribu sekarang menjadi Rp70 ribu per kilogram.

Sedangkan harga cabe merah besar, tambahnya, di pasar tradisional yang sebelumnya dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram mengalami penurunan hingga Rp22 ribu dan harga jual cabe merah besar saat ini Rp18 ribu per kilogram. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.