Penajam Segera Terima Bantuan Sapi

Ari AH B

 

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan segera menerima bantuan 1.200 ekor hewan ternak jenis sapi Brahman Cross dari pemerintah pusat.

“1.200 ekor bantuan sapi dari pemerintah pusat itu sekarang masih dikarantina di Balikpapan dan dalam waktu dekat akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno di Penajam, Kamis.

Penyaluran bantuan sapi yang ditargetkan akan dilaksanakan pada pekan keempat Oktober 2015 tersebut, menurutnya akan disalurkan kepada 24 kelompok petani sawit yang telah lolos seleksi memenuhi persyaratan.

“Kelompok tani penerima bantuan sapi itu tidak sembarangan harus melalui seleksi penuhi syarat terlebiih dahulu,’ kata Arief Murdiyatno.

Setelah dilakukan seleksi terhadap kelompok petani sawit penerima bantuan sapi di empat kecamatan lanjutnya, hanya kelompok tani di dua kecamatan yang dinyatakan memenuhi syarat luasan area minimal, luasan kandang dan ketersediaan pakan serta sumber air.

“Masing-masing kelompok tani yang lolos seleksi akan mendapatkan 50 ekor sapi betina bantuan dari pemerintah pusat itu,” jelas Arief Murdiyatno.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambahnya, berharap petani mampu meningkatkan jumlah kelahiran sapi, sehingga target populasi yang ditargetkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, yakni 14.132 ekor sapi dapat terpenuhi. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.