RTH Penajam Dilengkapi Fasiltas Umum

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – RTH (ruang terbuka hijau) yang berada di depan Stadion Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan dilengkapi dengan berbagai fasiltas umum

“RTH nantinya akan kami dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, diantaranya ˜jogging track” dan ˜terapy jogging” serta lapangan putsal mini,” kata Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara Tita Deritayati saat dihubungi di Penajam, Kamis.

Bukan hanya itu, lanjutnya, di areal ruang terbuka hijau juga akan dibangun fasilitas olahraga, seperti panjat tebing yang akan disiapkan di lokasi tersebut.

“RTH akan dibagi tiga bagian atau zona. Untuk zona pertama berupa taman, yang dilengkapi fasilitas seperti air mancur. Ada zona olahraga dengan berbagai fasilitas dan dalam lokasi ini juga akan dilengkapi zona khusus untuk pedagang kaki lima,” jelas Tita Deritayati.

Selain itu menurutnya, RTH juga akan dilengkapi ˜landmark” atau simbol yang menandakan sebagai ciri khas Kabupaten Penajam Paser Utara dan telah disiapkan tiga pilihan untuk ˜landmark” tersebut.

“Tentunya, patung rusa sebagai ciri khas Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai salah satu pilihan sehingga ketika orang melihat ˜landmark” itu, mereka sudah tahu bahwa mereka berada di Penajam,” ujar Tita Deritayati.

Pembangunan RTH seluas lima hektare tersbut tambahnya, membutuhkan biaya sekitar Rp6 miliar. Namun, pada 2016 hanya Rp1 miliar yang disetujui, sehingga hanya akan membangun drainase dan ˜jogging track”.

“Pembangunan akan dilaksanakan secara bertahap karena menyesuaikan dengan anggaran yang ada. tahap pertama kami lakukan vegitasi atau penanaman tanaman hijau dan tanaman hias dengan biaya Rp1,7 miliar, dan anggaran Rp1 miliar pada 2016 untuk membangun˜jogging track” dan drainase,” jelasnya.

Tita Deritayati berharap, sisa biaya pembangunan RTH tersebut diakomodir di APBD tahun berikutnya. Namun DKPP juga melakukan upaya lain melalui bantuan dari CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk membangun fasilitas umum di areal ruang terbuka hijau tersebut. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.