Kabag Ops Polres Paser Dalami Fotografi

Banyak Belajar Otodidak, Polisi Dalami Fotografi

Karya Fotograpi Kabag Ops Polres Paser, Kompol Rio Cahyowidi. (Dok Pribadi)

Karya Fotograpi Kabag Ops Polres Paser, Kompol Rio Cahyowidi. (Dok Pribadi)

Sambil menyelam minum air, itulah ungkapan yang tepat untuk Kabag Ops Polres Paser Kompol Rio Cahyowidi. Di tengah kesibukannya sebagai anggota Polri, dia masih sempat meluangkan waktunya untuk menyalurkan hobinya dalam dunia fotografi.

Rapal JKN – Tana Paser

Berawal dari ketertarikannya melihat editing yang dilakukan tim fotografer yang menangani photo preweddingnya. 2008 silam menjadi langkah awal ketertarikan Rio-sapaan akrab dari Rio Cahyowidi menekuni dunia fotografer.

“Sebenarnya sejak 2005 sudah suka, cuma mulai timbul ketertarikan lebih dalam saat melihat hasil editing foto prewedding saya 2008 silam,” jelas Rio.

“Disitu saya mulai tertarik dan sedikit diajarkan oleh teman-teman yang saat itu melakukan proses editing, kebetulan mereka welcome sekali,” terang pria pecinta musik aliran keras ini.

Alhasil dari ketertarikan itu, ia mulai sering jalan-jalan ke studio foto tersebut dan mulai diajarkan beberapa teknik memfoto.

“Awalnya saat itu saya diajarkan untuk memoto sebuah objek di dalam studio,” ungkapnya.

Karya Fotograpi Kabag Ops Polres Paser, Kompol Rio Cahyowidi. (Dok Pribadi)

Karya Fotograpi Kabag Ops Polres Paser, Kompol Rio Cahyowidi. (Dok Pribadi)

Namun meski demikian proses belajar yang dialami Rio bersama teman-temannya di Jakarta tak bertahan lama. Pasalnya setelah menikah kemudian ia dikirim untuk dinas ke kawasan Ternate. Namun karena kecintaannya terhadap dunia fotografi, ia terus mendalami dan melakukan latihan secara otodidak teknik pengambilan gambar.

“Jadi beberapa waktu kemudian, saya di kirim ke Ternate, sembari menjalankan tugas. Saya terus berupaya dengan sendirinya untuk melatih kemampuan fotografi saya,” paparnya.

“Bahkan beberapa kali saya mencoba mencari dari internet kemudian mencontohnya,” singkat Rio.

Bahkan karena hobinya tersebut, Rio yang saat ini bertugas di Polres Paser memiliki cita-cita membuat sebuah komunitas fotografi dan impian membuat studio foto sendiri di rumahnya.

“Jadi melalui hobi saya ini, sayang ingin membentuk komunitas dan studio fotografi sendiri. Namun tetap profesi saya sebagai polisi tak akan terlupakan,” tutur Rio.

“Saya akan tetap menjalankan tugas, sebagai mana mestinya,” tutup Rio. (adv/rol)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *