Mustaqim : Perusahaan Wajib Berikan CSR

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ menegaskan agar setiap perusahaan yang beroperasi di daerah itu wajib mengalokasikan dana keuntungannya untuk diberikan kepada masyarakat melalui program CSR (corporate social responsibility).

“Kewajiban itu diatur dalam undang-undang, bahwa perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan,” jelas Mustaqim pada kunjungan kerja Komisi VII DPR RI membahas RUU (rancangan undang-undang) Migas di Balikpapan, Kamis (26/11).

Mustaqim merasa kecewa karena program CSR dari sejumlah perusahaan besar masih berjalan kurang baik, termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara. Padahal pendapatan yang diperoleh perusahaan di wilayah Penajam Paser Utara sangat besar.

Namun perhatian perusahaan menurut Mustaqim, sangat minim kepada daerah. Bahkan di lingkungan perusahaan sendiri, seperti jalan sebagai akses transportasi kurang diperhatikan dan tidak ada perbaikan.

“Seharusnya perusahaan cepat tanggap dan membantu, jika masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan melakukan pembangunan, misalnya membangun rumah ibadah atau sarana lainnya,” katanya.

Mustaqim berharap, dalam perubahan RUU tentang bagi hasil migas (minyak dan gas) di daerah, program CSR harus ditingkatkan atau kewajiban perusahaan mengalokasikan dana dana keuntungannya untuk keperluan membantu masyarakat dimuat dalam pasal tertentu.

Sementara salah satu anggota Komisi VII DPR RI menyayangkan masih ada perusahaan yang tidak menjalankan program CSR, karena telah melanggar undang-undang yang mengatur tentang keberadaan perusahaan di suatu daerah tertentu.

“Hentikan operasional perushaan, setelah izinnya habis jangan diperpanjang kalau tidak menjalankan program CSR. Serahkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengelola,” tegas anggota Komisi VII DPR RI tersebut menanggapi ungkapan Wabup Mustaqim terkait CSR. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.