BPBD Penajam : 10 Unit Mobil Damkar Perlu Diremajakan

AH Ari

 

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 10 unit mobil Damkar (pemadam kebakaran) perlu diremajakan karena sering mengalami kerusakan, kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yahya.

“Dari dua belas unit mobil Damkar yang dimiliki BPBD, 10 unit diantaranya sering rusak, bahkan sering mogok saat hendak dioperasikan sehingga butuj diremajakan,” ungkap Yahya saat dihubungi di Penajam, Rabu.

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2016, menurut Yahya, membutuhkan sekitar 10 unit mobil pemadam kebakaran untuk di empat kecamatan, sehingga penanggulangan bencana kebakaran yang terjadi di daerah itu dapat dilakukan dengan maksimal.

“Kebutuhan mobil Damkar sangat mendesak, tapi dalam kenyataannya seringkali lepas dari skala prioritas ,” ujarnya.

Dan tahun ini (2015) lanjut Yahya, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran sehingga ada tiga unit mobil Damkar yang dapat dioperasionalkan dengan maksimal.

Selain itu Yahya berharap, dana operasional tanggap darurat bencana di 2016 dapat lebih ditingkatkan, mengingat jumlah bencana kebakaran pada 2015 mencapai 48 kasus. Dimana pada tahun ini (2015) dana tanggap darurat hanya Rp500 juta.

“Pada APBD 2016 kami usulkan dana tanggap darurat naik dua kali lipat atau menjadi Rp1 miliar agar kegiatan penanggulangan bencana yang terjadi dapat lebih maksimal,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.