Bupati Penajam : Segera Lengkapi Fasilitas Pendukung PMI

AH Ari B

 

 

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar mengharapkan fasilitas pendukung Palang Merah Indonesia (PMI) di daerah itu segera dilengkapi, sehingga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Untuk membantu masyarakat yang butuh pertolongan segera, termasuk memenuhi kebutuhan darah yang selama ini masih bergantung di Kota Balikpapan, PMI harus segera dilengkapi dengan fasilitas,” kata Yusran Aspar di Penajam, Kamis.

Palang Merah Indonesia menurut Bupati Yusran Aspar, memiliki kedudukan yang sangat penting di bidang kesehatan. Salah satunya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, dan selama ini banyak pasien di Penajam Paser Utara di rujuk ke Balikpapan untuk mendapatkan darah.

“Hanya demi mendapatkan darah pasien dari Penajam Paser Utara dirujuk ke Balikpapan, itu membutuhkan waktu dan biaya,” ujarnya.

Secara organisasi PMI Kabupaten Penajam Paser Utara telah terbentuk, namun lanjut Yusran Aspar sejauh ini PMI belum memiliki fasiltas pendukung seperti gedung, peralatan dan laboratorium serta serta petugas tenaga transfusi darah.

“Darah hasil donor yang dikumpulkan oleh PMI Kabupaten Penajam Paser Utara, langsung dikirim ke PMI Balikpapan,” katanya.

Yusran Aspar berharap, bukan hanya gedung markas PMI saja yang memiliki unit transfusi darah, namun ke depannya di masing-masing puskesmas memiliki unit transfusi darah sehingga saat pasien membutuhkan darah dapat dengan mudah mendapatkannya. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.