Kasdam Mulawarman Tanam Padi di Penajam

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) VI Mulawarman, Brigjen Goerge Elnadus Supit ikut mengawali program tanam padi serentak secara nasional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, di lahan pertanian Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru.

“Saya berharap pemerintah daerah dan TNI dapat terus mengawal kelanjutan program tanam padi serentak ini sehingga mampu mewujudkan ketahanan pangan daerah dan nasional,” kata Brigjen Goerge Elnadus Supit usai kegiatan tanam tanam padi serentak di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Senin.

Bupati Penajam Pasetr Utara, Yusran Aspar mengatakan, program tanam serentak merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk melindungi lahan persawahan agar tidak beralih fungsi, dan diharapkan melalui progam tersebut kesehjateraan masyarakat petani lokal dapat ikut meningkat.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten penajam Paser Utara, Joko Dwi Febrianto menyatakan, menargetkan program tanam padi serentak di Kabupaten Penajam Paser Utara, mencapai 13 ribu hektare pada tahun ini (2015).

Ia mengajak, seluruh tenaga bantu dan penyuluh pertanian bekerja sebagai ujung tombak di lapangan untuk dapat mempengaruhi para petani menanam tanaman padi secara serentak, sehingga target yang telah ditetapkan tersebut dapat terealisasi.

“Ditanam pertama pada kegiatan tanam padi serentak ini, lahan persawahan di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru yang ditanami padi seluas 95 hektere,” jelas Joko Dwi Febrianto.

Program tanam padi serentak yang didukung bantuan bibit dan obat-obatan anti hama dari Dinas Pertanian tersebut tambah Joko Dwi Febrianto, bermanfaat untuk membantu petani dalam mengatasi persoalan irigasi dan untuk melindungi tanaman padi dari serangan hama.

Dalam kegiatan tanam padi serentak tersebut Kasdam VI Mulawarman Brigjen Goerge Elnadus Supit, Pelaksana tugas Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Timur, dan Bupati Yusran Aspar, Wakil Bupati Mustaqim MZ, Dandim 0913 Letkol Czi Adi Suryanto dan pejabat Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan penanaman padi bersama masyarakat Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.