Tohar : Penyaluran Bantuan Ambulans Desa Rampung Desember

Bagus Purwa

 

Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (Subur - Humas Setkab PPU)

Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Penyaluran bantuan mobil ambulans untuk desa guna meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini (2015), kata Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tohar.

“Pemerintah daerah akan memberikan bantuan ambulans kepada 30 desa, tapi tahap pertama baru 16 desa yang mendapatkan bantuan mobil ambulans,” ujar Tohar saat dihubungi di Penajam, Senin.

“Masih tersisa 14 desa yang belum mendapatkan bantuan ambulans itu, pemerintah daerah targetkan sampai akhir Desember 2015 seluruh desa mendapatkan bantuan mobil ambulans,” katanya.

Menurut Tohar, penyedia jasa meminta waktu untuk mendatangkan mobil ambulans tersebut dari luar daerah, sehingga belum seluruh desa mendapatkan bantuan bantuan ambulans. Namun sebelum akhir tahun ini (2015) 14 unit ambulans itu sudah tiba Penajam Paser Utara.

Selain itu Tohar menegaskan, mobil ambulans tersebut harus dipergunakan sesuai peruntukannya, karena ambulan itu sebagai transportasi membawa warga yang sakit ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.

“Jangan gunakan ambulans itu untuk kegiatan lain kecuali mendesak, kalau untuk hadiri undangan rapat ada mobil dinas kepala desa yang bisa dipakai,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Tohar, menggunakan anggaran pada APBD 2015 sebesar Rp6,5 miliar untuk pengadaan 30 unit mobil ambulan tersebut, dengan harga satu unit ambulans Rp215 juta.

“Pemberian ambulans desa itu untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan, khususnya kepada masyarakat yang berada jauh dari pusat layanan kesehatan,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.