Mustaqim : Kedudukan Perempuan Setara Dengan Kaum Lelaki

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ memotong tumpeng pada peringatan Hari Ibu (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ memotong tumpeng pada peringatan Hari Ibu (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Mustaqim MZ mengatakan, ibu atau perempuan mempunyai kedudukan yang setara dengan kaum laki-laki dalam mencapai tujuan negara.

“Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan disemua bidang pembangunan, seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum,” kata Wakil Bupati Mustaqim MZ pada Peringatan Hari Ibu di aula lantai I Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Selasa.

Perempuan dan laki-laki lanjut wakil bupati, juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama untuk mendapatkan lingkungan yang kondusif dalam mengembangkan potensi dirinya sebagai sumber daya pembangunan.

“Ibu merupakan sosok terpenting dan teristimewa dalam perjalanan hidup manusia, karena ibu bukan hanya mengandung dan melahirkan anaknya ke dunia ini, namun juga merupakan guru dan pembimbing pertama yang mendidik dan membimbing manusia agar dapat melangkah tegap dalam menghadapi tantangan,” kata Mustaqim.

Mustaqim menilai tema kesetaraan perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan perempuan dan anak pada peringatan Hari Ibu tahun ini (2015) sangat tepat.

“Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki,” ujar wakil bupati.

Seiring kemajuan zaman menurut Mustaqim, peran perempuan dalam pembangunan terus mengalami peningkatan, hingga saat ini perempuan memiliki peran yang setara dengan laki-laki disemua bidang pembangunan, agar kesetaraan tersebut dapat terus terjaga.

Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kaum perempuan tambahnya, sangat penting sehingga mereka dapat terus mengembangkan diri dan meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan disegala bidang.

“Saya berpesan kepada kaum perempuan di Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk terus meningkatkan kiprah dan partisipasinya dalam pembangunan yang saat ini sedang yang sedang laksanakan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan kehidupan perempuan dan keluarga,” kata Mustaqim.

Peringatan Hari Ibu yang dirangkai dengan kegiatan bakti sosial forum anak tersebut dihadiri oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan sejumlah SKPD (satuan kerja perangkat daerah) serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Penajam Paser Utara. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.