Pentingnya Sebuah Konsep Pembangunan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Subur Priono - Staf Humas Setkab Penajam Paser Utara

Subur Priono – Staf Humas Setkab Penajam Paser Utara

Penajam, helloborneo.com – Apa jadinya jika sebuah pembangunan tanpa melalui konsep yang baik. Ibarat kita membangun sebuah gedung bertingkat tanpa adanya perencanaan yang baik, seperti mulai pondasi bangunan, bahan yang akan digunakan, kualitas bahan material, lokasi dan sebagainya.

Maka dipastikan akan berdampak buruk bagi pembangunan gedung tersebut. Mungkin saja jika pondasi tidak kokoh atau lokasi lahan kurang tepat, maka bangunan akan roboh. Begitu juga pada kualitas bahan material yang tidak baik akan mengakibatkan bangunan yang kurang baik pula.

Begitu juga pembangunan berskala besar, seperti membangun sebuah daerah, di tanah Benuo Taka tercinta. Apa jadinya jika konsep dan perencanaan pembangunan itu dilakukan oleh mereka yang kurang mengerti dibidangnya saat itu.

Jika diawal pemekaran Penajam Paser Utara, pembangunan kantor Bupati Penajam Paser Utara dibangun di wilayah Gunung Seteleng Kecamatan Penajam, kemudian kantor DPRD di Kelurahan Silkar dan sebagainya. Maka, dipastikan pembangunan tidak akan tertata seperti saat ini.

Namun bersyukur semua itu tidak terjadi di Penajam Paser Utara saat ini. Sebuah konsep pembangunan yang terencana telah digagas oleh orang nomor satu di Penajam Paser Utara saat itu, setelah pemekaran tahun 2002 silam, tak lain adalah Bupati Penajam Paser Utara saat ini, Yusran Aspar, yang ketika itu menjabat Pj bupati.

Mantan Kepala Bappedda Kabupaten Paser tersebut selalu mengungkapkan, bahwa konsep pembangunan sangat penting bagi sebuah daerah membangun. Karena pembangunan itu bukan untuk saat ini saja, namun perencanaan pembangunan itu harus memiliki konsep jangka panjang, bahkan harus dapat dirasakan anak cucu kedepan, oleh karena itu harus memerlukan konsep yang baik.

Menurut Yusran Aspar, jika pembangunan daerah salah dalam perencanaan atau konsep awal yang dilakukan, maka dipastikan akan sulit untuk melakukan perubahan yang telah ada. Apalagi wilayah-wilayah strategis yang ada telah berubah menjadi pemukiman masyarakat.

“Penataan pembangunan sejak awal merupakan kunci keberhasilan pembangunan di suatu daerah,” kata Bupati Yusran Aspar dalam satu kesempatan.

Apa jadinya jika Penajam Paser Utara dipengang oleh orang yang tidak mampu merencanakan suatu pembangunan bagi daerahnya saat itu.

“Bisa saja dampaknya sangat fatal atau tidak tertata dengan baik seperti saat ini. Oleh karena itu kami merasa sangat terpanggil kembali untuk meneruskan pembanggunan itu saat ini. Karena memang masih banyak pembangunan di Penajam Paser Utara yang membutuhkan sebuah perencanaan yang baik,” kata Yusran Aspar.

“Kami memang bukan ahlinya dalam perencanaan pembangunan di suatu daerah. Namun kami paham dan mengerti tentang semua itu, karena telah banyak mempelajari dari konsep-konsep daerah maju yang ada selama ini, “ jelasnya .

Saat ini menurut Yusran Aspar, salah satu contoh pembangunan di Penajam Paser Utara, yang telah diakui oleh daerah lain, adalah pembangunan komplek perkantoran bupati di Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan Penajam.

Secara terencana pembangunan itu memiliki konsep bangunan modern yang tidak akan ketinggalan zaman hingga puluhan tahun kedepan, mulai fisik bangunan hingga lokasi yang sangat strategis bagi pembangunan daerah.

“Berbagai pelayanan masyarakat juga ada di dalamnya. Misalkan masyarakat Penajam Paser Utara akan berurusan dengan administrasi identitas kependudukan, DPRD, Dinas Kehutanan, kepegawaian, pertanian dan sebagainya. Masyarakat tidak perlu harus jauh-jauh ke sana kemari,” kataYusran Aspar.

Sebagian pelayanan itu berada dalam satu lingkungan perkantoran yang telah dikonsep untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Contoh lain pembangunan di wilayah Penajam Paser Utara yang telah melalui konsep jangka panjang adalah pembangunan aset jalan daerah, seperti pembangunan jalan pantai atau “coastal road”.

“Awalnya memang berbagai tanggapan negatif muncul di lingkungan masyarakat tentang rencana pembangunan jalan itu. Namun seiring waktu, pembangunan jalan tersebut menjadi sangat penting dan strategis. Apalagi jalan ini kedepan akan dikoneksikan dengan pembangunan jembatan tol Penajam- Balikpapan,” ungkap Bupati Yusran Aspar.

Membangun sebuah daerah memang memerlukan perencanaan yang baik dan matang. Dalam pelaksanaannya, tak jarang selalu menuai kritik dari berbagai kalangan. Namun Hal itu wajar dan biasa.

Ketika hasil dan manfaat pembangunan itu mulai dirasakan masyarakat, nilai positif pasti akan datang dengan sendirinya kepada mereka yang telah melakukan konsep pembangunan dengan baik di negeri kita tercinta ini. (adv/bp/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.