Penajam Bangun Tanggul Lindungi 500 Hektar Sawah

AH Ari B

UPT Kecamatan Waru, KAbupetan Penajam Paser Utara, bangun tanggul  di Desa Api-Api 3 untuk lindungi 500 hejtare sawah dari air laut di daerah itu (AH Ari B - Hello Borneo).

UPT Kecamatan Waru, Kabupetan Penajam Paser Utara, bangun tanggul di Desa Api-Api 3 untuk lindungi 500 hejtare sawah dari air laut di daerah itu (AH Ari B – Hello Borneo).

Penajam, halloborneo.com – Pemeribtah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melalui Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kecamatan Waru, membangun tanggul atau tembok bangunan untuk melindungi sekitar 500 hektare lahan persawahan dari air laut di Desa Api-Api 3.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarna Wilayah (PU Kimpraswil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin, saat dihubungi di Penajam, Rabu mengatakan, sesuai permintaan masyarakat Desa Api-Api 3, tanggul atau bangunan tembok penahan air tersebut akan dibangun sepanjang enam kilometer dengan lebar 12 meter.

“Masyarakat Desa Api-Api mengusulkan pembangunan tanggul itu untuk melindungi lahan sawah mereka dari air laut, karena bila air laut pasang atau meluap akan masuk ke sawah warga setempat,” ujarnya.

Pembangunan tanggul tersebut lanjut Alimuddin, juga untuk mempermudah pembangunan jalan di Desa Api-Api, yang nantinya akan menjadi jalan lingkar. Khususnya di Desa Api-Api sampai ke Desa Guntung Kecamatan Waru.

“pembuatan tanggul itu juga akan membantu rencana pemerintah daerah membangun akses jalan lingkar di wilayah itu,” katanya.

“Pembuatan tanggui untuk menghidupkan mata pencaharian masyarakat Desa Api-Api di bidang pertanian itu ditargetkan rampung 2 sampai 3 bulan kedepanm” jelas Alimuddin

Selain itu tambahnya, masyarakat dan pemerintah desa juga bisa memanfaatkan galian di sekitar tanggul yang cukup luas, diperkirakan sekitar lima hektare tersebut untuk mengembangan budidaya ikan tambak. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.