Rayakan HUT Pesec Sosialisasi Peraturan Terkait Modifikasi Kendaraan

Suherman

 

 

Anggota Komunitas Vespa berfoto bersama pada acara HUT Pasec ke-5 di halaman Makodim 0913 Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo)

Anggota Komunitas Vespa berfoto bersama pada acara HUT Pasec ke-5 di halaman Makodim 0913 Penajam Paser Utara (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, halloborneo.com – Memperingati HUT (hari ulang tahun) ke-5, Penajam “Scooter Club” (Pesec) menggelar mesosialisasikan peraturan terkait modifikasi kendaraan sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Darat, di halaman Makodim 0913 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu.

“Untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anggota komunitas motor kami gelar sosialisasi terkait UU modifikasi agar anggota komunitas motor tidak melanggar UU ketika memodifikasi motor,” kata Ketua Pelaksana HUT Pesec ke-5, Ahmad Fitriady.

“Pada pasal 50 ayat (1), jika modifikasi tidak sesuai aturan akan dipidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp24 juta,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut lanjut Ahmad Fitriady, Penajam “Scooter Club” membuktikan, bahwa komunitas motor khususnya di Penajam Paser Utara, jauh dari tindak kriminal serta taat dengan tata tertib berlalu lintas.

“HUT (hari ulang tahun) ke-5 Pesec itu, sebagai pembuktian kami untuk mengurangi kriminalitas dan kecelakaan di jalan,” katanya.

Kapala unit Pendidikan Rekasyasa Jalan ( Dityasa) Polres Penajam Paser Utara, Inaspektur Dua Suharyoso mebenarkan, kendaraan yang dimodifikasi dan tidak berdasarkan peraturan yang belaku akan dikenakan denda Rp24 juta.

Ia berharap, pengendara yang melakukan modifikasi kendaraannya yang unik dan ekstrim harus selalu menjaga keselamatan dan menaati tata tertib berlalu lintas dan selalau menggunakan “safety” atau kelengkapan keamanan berkendara.

“Selalu utamakan keselamatan, jaga kekompakan dan selalu taati peraturan lalu lintas untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain,” kata Suharyoso.

Kegiatan “Anniversary” atau HUT Penajam “Scooter Club” ke-5 yang bekerja sama dengan Kodim 0913, Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata dan Polres Penajam Paser Utara tersebut, dihadiri ratusan club motor dari berbagai daerah. (adv/bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.