Musrenbang Penajam Prioritaskan Kebutuhan Pokok Dasar Masyarakat

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar dan Wakil Bupati Mustaqim Mz (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar dan Wakil Bupati Mustaqim Mz (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) bersama beberapa unsur pemerintahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memprioritaskan kebutuhan pokok dasar masyarakat.

“Saya sependapat dengan Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nanang Ali, rencana kerja pemerintah daerah ke depan harus benar-benar prioritaskan kebutuhan pokok dasar masyarakat,” kata Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar saat membuka Musrenbang daerah setempat, Selasa.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, akan menyepakati kegiatan yang memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, membuka lapangan kerja dan lain sebagainya.

Murenbang tahun ini (2016) menurut Yusran Aspar, hanya menyampaikan pokok pikiran tentang rencana pembangunan, karena sudah banyak usulan terkait pembangunan tinggal menilai kegiatan mana yang prioritas untuk dilaksanakan.

“Tentunya kami akan melihat kembali program-program yang prioritas yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan dan pelayanan pada masyarakat,” ujarnya.

“Tidak perlu lagi ada usulan baru, karena jika ditambah mengakomodir yang diusulkan desa/kelurahan dan kecamatan akan kewalahan untuk mewujudkan dalam rencana kerja pembangunan pemerintah daerah,” jelas Yusran Aspar.

Kepala Bappeda Kabupaten Penajam Paser Utara, Puguh Sumitro mengatakan, pelaksanaan Musrenbang untuk mendapatkan masukan untuk menyempurnakan rancangan awal rencana kerja yang memuat prioritas pembangunan daerah yang pendanaannya bersumber dari APBD kabupaten, provinsi dan APBN.

“Hasil Musrenbang desa/kelurahan dan kecamatan serta Forum SKPD (satuan kerja perangkat daerah) akan dijadikan prioritas program dan kegiatan pembangunan kabupaten pada 2017,” ucapnya.

Pelaksanaan Musrenbang kabupten pada 2016 tambah Puguh Sumitro, untuk melakukan sinkronisasi dan penyempurnaan rancangan rencana kerja 2017 masing-masing SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Isu strategis pembangunan akan dituangkan dalam rancangan rencana kerja pemerintah daerah 2017, serta mengembangkan dan memperkuat proses partisipasi masyarakat dan dunia usaha dalam penysunan Rancangan APBD 2017,” jelasnya.

Musrenbang Kabupaten Penajam Paser Utara, yang dilaksanakan di aula lantai I Kantor Bupati setempat, dihadiri Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ, unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pelaksana Harian Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Haryo Santoso serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan pemerintah setempat. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.