Hidup Sehat itu Mudah, Jika Ada Kemauan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (dok Humas Setkab Penajam Paser Utara).

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (dok Humas Setkab Penajam Paser Utara).

Penajam, helloborneo.com – Hari itu, jam di Mess Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, di Jalan Cempaka Putih Tengah, Jakarta masih menunjukkan pukul 05.30 WIB, sebagian orang yang berada di mess itu masih terlelap dalam tidur.

Namun Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ setelah melaksanakan shalat subuh, langsung jogging menyusuri jalan kompleks perumahan Cempaka Putih.

Jogging merupakan salah satu olahraga favorit yang telah dilakukan pria kelahiran Boyolali 66 tahun silam tersebut sejak usia muda.

Berolahraga tidak saja dilakukan di sekitar kediamannya di Penajam Paser Utara, namun di luar daerah pun saat melaksanakan tugas dinas pemerintahan, pria berkacamata itu selalu menyempatkan diri untuk jogging.

Selain jogging, saat di kediamannya di Kelurahan Girimukti, kecamatan Penajam, pria empat anak ini juga kerap melakukan olahraga lainnya, seperti bersepeda baik pagi maupun sore hari bersama rekan-rekan komunitas sepeda di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Inilah salah satu resep sosok Wakil Bupati Penajam Paser Utara  itu tampak masih sehat dan bugar, walaupun usia beliau kini tidak muda lagi.

Menurut Mustaqim, hidup sehat adalah dambaan semua orang, namun masih banyak orang yang tidak dapat menikmati kesehatan itu dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat khususnya di Penajam Paser Utara, agar selalu menjaga kesehatan yang dimulai dari diri sendiri.

“Banyak olahraga yang dapat kita lakukan di sekitar kita tanpa harus mengeluarkan biaya. Tapi banyak orang enggan melakukannya, dengan alasan sibuk, tidak ada waktu dan sebagainya. Hidup sehat itu mudah, jika ada kemauan untuk melakukannya,” ujarnya.

Mustaqim menuturkan, kesehatan itu dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian setelah menjaga kesehatan diri, barulah kemudian menjaga kesehatan di lingkungan kecil atau keluarga hingga masyarakat luas, sebelum penyakit bersemayam dalam tubuh yang mengakibatkan seseorang  sering sakit-sakitan.

“Jika ini dilakukan, maka kesehatan dalam lingkungan masyarakat akan tercipta. Saya ingin berbagi tips sehat ini kepada seluruh masyarakat, termasuk kepada para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” katanya.

Semua manusia yang hidup lanjut Mustaqim, memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan lainnya. Tentunya pemenuhan kebutuhan itu timbul dari dalam diri sendiri tanpa ada paksaan dari orang-orang disekeliling.

“Manusia itu butuh makan, minum, pakaian dan sebagainya, merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

“Tetapi ada juga kebutuhan lainnya, seperti beribadah, olahraga untuk kesehatan, hiburan dan sebagainya, yang juga harus kita penuhi tanpa ada paksaan,” ungka Mustaqim.

Setelah melaksanakan shalat shubuh, kemungkinan sebagian orang langsung tidur kembali. Namun tidak bagi suami Yulia Makhfirah tersebut. Baginya waktu itu adalah saat yang sangat tepat digunakan berolahraga, dengan melakukan jogging menyusuri jalan di seputar kediamannya.

Ketika jogging, tidak jarang Mustaqim juga mengajak orang-orang disekelilingnya, seperti personil Polisi Pamong Praja yang sedang bertugas di kediamannya atau rekan-rekannya yang mau diajak berolahraga bersama.

Olahraga ini murah tambahnya, tetapi dengan kebiasaan lari pagi, manfaatnya sangat baik bagi tubuh. Tubuh akan terasa sehat bugar dan terbukti telah dirasakan manfaat lari pagi itu bagi orang yang rutin melakukannya.

“Inilah resep hidup sehat yang ingin saya bagi untuk seluruh masyarakat Penajam Paser Utara agar selalu sehat dan bugar sehari-hari. Saya jogging sejak usia muda secara rutin dan sampai sekarang terus melakukan jogging itu,” jelasnya.

Hidup sehat sebenarnya tidak mahal, jika seseorang mau melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Olahraga teratur, jaga pola makan, istirahat yang cukup sesuai kebutuhan. Namun, cara-cara mudah agar hidup sehat tersebut masih sulit dilaksanakan oleh sebagian orang.

“Apalagi kita seorang PNS. Profesi ini selalu dihadapkan dengan aktifitas di dalam ruangan kantor yang cenderung  tidak membutuhkan energi tinggi. Oleh karena itu jika tidak dibarengi dengan olahraga dan pola makan teratur, dikhawatirkan akan berdampak bagi kesehatan seseorang yang bersangkutan,” kata Mustaqim. (adv/bp/*rol)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.