Peda KTNA di Penajam Pamerkan Teknologi Pertanian-Perikanan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie (Dika - Hello Borneo)

Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie (Dika – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada 10-14 Mei 2016, akan memamerkan kemajuan teknologi di bidang pertanian dan perikanan.

“Pada Pekan Daerah atau Peda KTNA tingkat Provinsi Kaltim, akan dipamerkan kemajuan teknologi dan pola kegiatan di sektor pertanian tanaman pangan, kalautan dan perikanan,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie pada rapat panitia pelaksana Pekan Daerah KTNA tingkat Kaltim 2016 di Penajam, Rabu.

Selain itu Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi Kaltim akan dipusatkan di Desa Gunung Mulia, Gunung Intan dan Desa Gunung Makmur di Kecamatan Babulu tersebut, juga memamerkan kemajuan dan pola kegiatan di bidang perkebunan dan kehutanan.

Gelaran Pekan Daerah KTNA ke-9 tingkat Provinsi Kaltim, lanjut Surito Widarie, juga diisi dengan kegiatan temu teknologi, unjuk tangkas dan asah terampil petani dan nelayan, temu karya dan profesi, rembug madya dan utama serta temu sukses petani-nelayan dan penyuluh.

“Kegiatan Promosi, temu usaha dan agribisnis serta hiburan menampilkan kesenian daerah, juga digelar pada Pekan Daerah KTNA itu,” ujarnya.

Kegiatan Pekan Daerah KTNA, menurut Surito Widarie, merupakan suatu forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah serta pelaku usaha.

“Kegiatan Pekan Daerah KTNA itu sekaligus sebagai ajang tolak ukur prestasi para petani dan nelayan dan pembangunan pertanian, perikanan dan kelautan dalam arti luas di Kalimantan Timur,” ucapnya.

Pekan Daerah KTNA, memberikan kesempatan para petani dan nelayan belajar memperkuat agribisnis yang diharapkan mampu menciptakan penguatan kemandirian pangan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur.

Persiapan pelaksanaan Pekan Daerah KTNA ke-9 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang akan dibuka langsung oleh Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar tersebut tambah Surito Widarie, sudah mencapai 100 persen. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.