Camat Penajam: RT Sebagai Ujung Tombak Pemerintah

Ahmad Fitriyadi

 

Kecamatan Penajam gelar kegiatan dengan Ketua RT. (Ahmad Fitriyadi - Hello Borneo)

Kecamatan Penajam gelar kegiatan dengan Ketua RT. (Ahmad Fitriyadi – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Ketua Rukun Tetangga atau RT sebagai ujung tombak pemerintah terkait pelayanan kepada masyarakat, kata Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Pang Irawan.

“Ketua RT akan menjadi ujung tombak pada pencocokan dan penelitian data kependudukan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Pang Irawan saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2014 tentang Administrasi Kependudukan perubahan dari Undang-Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 menurut dia, Ketua RT bertugas langsung untuk melaporkan kematian, kelahiran dan perpindahan warga di RT masing-masing.

Sebelum melaksanakan proses pencocokan dan penelitian data kependudukan, lanjut Pang Irawan, Kecamatan Penajam mengadakan sosialisasi persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian data kependudukan kepada seluruh Ketua RT di gedung serbaguna Kelurahan Petung, Kamis (14/4).

Selain itu, Ketua RT juga mempunyai tugas terkait laporan kependudukan dan proyeksi PAD (pendapatan asli daerah), seperti izin mendirikan bangunan atau IMB, PBB (pajak bumi dan bangunan) serta ijin gangguan.

Berkaitan dengan tugas tersebut tambah Pang Irawan, Ketua RT bersama dengan pemerintah harus melakukan jemput bola untuk memberikan pelayanan kepengurusan IMB kepada masyarakat, di mana masyarakat langsung membayar biaya kepengurusan IMB itu di kecamatan.

“Tidak perlu mencari konsultan untuk gambar bangunan, kecamatan menyediakan jasa itu dengan biaya lebih murah dari jasa konsultan,” jelasnya.

“Ketua RT harus berkomitmen untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan penuh tanggung jawab, membantu pemerintah,” kata Pang Irawan. (adv/bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.