Wabup: Penyalahgunaan Narkoba di Penajam Memprihatinkan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wabup Penajam Paser Utara, Drs Mustaqim MZ MM resmikan Pos Kawan. (Subur - Humas Setkab PPU)

Wabup Penajam Paser Utara, Drs Mustaqim MZ MM resmikan Pos Kawan. (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ menyatakan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di daerah setempat sudah sangat memprihatinkan.

“Akhir-akhir ini penyalahgunaan dan peredaran narkoba di wilayah Penajam Paser Utara sangat marak, sepanjang tahun ini sekitar 52 kasus narkoba yang diungkap Polres setempat,” kata Mustaqim di Penajam, Kamis.

Tersangka yang tertangkap polisi terkait kasus narkoba tersebut lanjutnya, bukan hanya kalangan muda, namun juga ibu rumah tangga serta anak di bawah umur.

“Tingginya kasus narkoba yang terjadi, menjadi keperihatinan kita bersama. Melihat kondisi yang ada, sudah sepantasnya Kabupaten Penajam Paser Utara masuk dalam darurat narkoba,” ujar Mustaqim yang juga sebagai Ketua Badan Narkotika Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ia sangat mendukung sejumlah organisasi atau forum yang memiliki misi dalam pemberantasan narkotika, Seperti Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (FOKAN) Kalimantan Timur.

“Program pencegahan dan pemberantasan narkoba yang dilakukan FOKAN Kalimantan Timur itu, gencar dilakukan., seperti sosialisasi dan kunjungan ke kepala-kepala daerah di Kaltim dalam rangka misi pemberantasan narkoba,” jelas Mustaqim.

Sekjen FOKAN Kaltim, Toto Suprapto saat bertemu Wabup Mustaqim, mengatakan Provinsi Kalimantan Timur, berada pada peringkat kedua nasional terkait penyelahgunaan dan peredaran narkoba. Sehingga setiap kepala daerah harus berperan aktif melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba.

“Program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba atau P4GN, harus dimaksimalkan,” katanya.
FOKAN Kaltim menurut Toto Suprapto, komitmen dalam menjalankan program tersebut, dan mengajak semua unsur masyarakat sama-sama mencegah dan memerangi narkoba.

“Program P4GN harus dijalankan bersama dengan para kepala daerah atau BNK di kota/kabupaten setempat,” tambahnya.
Selain itu, Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar juga sangat mendukung dan menyambut baik program FOKAN Kaltim, yang selanjutnya merekomendasi FOKAN Kaltim menggandeng Badan Narkotika Kabupaten Penajam Paser Utara untuk menjalankan program kerja tersebut. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.