Penajam Terjunkan 148 Petugas Sensus Ekonomi

AH Ari B

 

Petugas Sensus Ekonomi 2016 mendatangi kediaman Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Petugas Sensus Ekonomi 2016 mendatangi kediaman Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menerjunkan sebanyak 148 petugas untuk melakukan pendataan dalam Sensus Ekonomi 2016, untuk mendapatkan data yang akurat.

“Sebanyak 148 petugas ini akan melakukan pendataan dai rumah ke rumah dan di selruh sektor usaha untuk mendapatkan data akurat, sehingga hasilnya dapat digunakan pemerintah menetapkan kebijakan ekonomi,” kata Kepala BPS Kabupaten Penajam Paser Utara, Syahruni, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Sensus ekonomi yang dilakukan secara nasional yang dilaksanakan mulai 1 hingga 31 Mei 2016 tersebut, merupakan kegiatan pendataan lengkap, petugas sensus akan mendatangi satu per satu masyarakat yang memiliki usaha ekonomi, baik ekonomi mikro, kecil maupun ekonomi berskala besar.

Setelah dilakukan pendataan oleh petugas, menurut Syahruni, selanjutnya BPS akan mengolah data tersebut yang dijadwalkan pada bulan Juni, sehingga di akhir 2016 sudah mempunyai data sensus ekonomi.

“Data yang didapat pada akhir 2016 masih berupa jumlah usaha dan sektor usahanya, mengenai data omset, aset, pengeluaran, dan pendapatan dari masing-masing usaha, baru bisa diperoleh pada 2017 katanya.

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, menjelaskan hasil sensus ekonomi untuk memetakan potensi ekonomi, sehingga para pelaku usaha diharapkan dapat bekerja sama memberikan data sebenar-benarnya kepada petugas sensus.

“Kami mengharapkan kerja sama pelaku usaha, saat petugas sensus datang untuk menanyakan sejumlah pertanyaan terkait usahanya yang disampaikan secara terbuka,” ujarnya.

Hasil Sensus Ekonomi 2016 penting sebagai rujukan dan data bagi Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk mengeluarkan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

“Sensus eknomi diperlukan bagi pengambil kebijakan di daerah maupun di pusat, dari sensus eknomi itu pemerintah dapat mengetahui kegiatan eknomi masyarakat,” ucapnya.

“Kami mengajak masyarakat Penajam Paser Utara, ikut mendukung dan sukseskan kegiatan Sensus Ekonomi 2016 ini,” tambah Yusran Aspar. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.