Balikpapan Bangun Gedung Parkir Tampung Ratusan Kendaraan

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, segera menyelesaikan pembangunan gedung parkir di Jalan Jenderal Soedirman, Balikpapan, yang mampu menampung sebanyak 216 unit mobil dan 721 sepeda motor.

Asisten I Sekretaris Kota Balikpapan Syaiful Bahri, saat dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Rabu, mengatakan gedung parkir berlantai delapan yang dibangun dengan dana APBD sekitar Rp90 miliar itu untuk mendukung terwujudnya kawasan tertib lalu lintas tahap pertama di wilayah setempat.

“Diharapkan tidak ada lagi kendaraan yang parkir di bahu jalan, karena Jalan Jenderal Soedirman dari kantor Imigrasi ke arah timur hingga Taman Bekapai menjadi kawasan tertib lalu lintas (KTL). Jadi, lalu lintas di Jalan Soedirman nanti bisa lebih lancar,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Syaiful Bahri, penegakan aturan sebagai KTL akan lebih tegas dilakukan petugas Dinas Perhubungan bersama Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Balikpapan di jalan tersebut.

Saat ini, pembangunan gedung parkir itu sudah dalam tahap akhir dan akan dilakukan penyerahan dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Selanjutnya BPKAD menyerahkan ke Dishub Balikpapan untuk pengelolaan gedung tersebut.

“Nanti Dishub yang mengatur seperti apa teknis penggunaan gedungnya. Yang pasti, kita harapkan keberadaan gedung itu benar-benar bisa jadi solusi mengatasi persoalan ketertiban lalu lintas di area itu,” jelas Syaiful Bahri.

Selain sebagai tempat parkir tambahnya, gedung parkir berlantai delapan tersebut juga dilengkapi fasilitas ruang pertemuan dan stan kuliner. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.