Disdukcapil Penajam Mulai Lakukan Pencocokan Data

AH Ari B

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai melakukan pencocokan dan penelitian data kependudukan untuk pemutakhiran data penduduk di daerah itu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu mengatakan, proses pencocokan dan penelitian data kependudukan mulai berlangsung di Kecamatan Sepaku.

“Dimulainya pencocokan dan penelitian data kependudukan di Kecamatan Sepaku, karena kecamatan itu berada paling jauh dari ketiga kecamatan lainnya,” ujarnya.

Selain untuk pemutakhiran data, pencocokan dan penelitian data kependudukan tersebut juga untuk mengetahui penduduk wajib KTP yang belum memiliki KTP elektronik, serta memperbaiki data penduduk yang ganda.

Menurut Suyanto, dari 190 ribu data penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara, yang diserahkan kepada Kementarian Dalam Negeri, hanya sekitar 159 ribu jiwa yang diakui, sisanya mengalami kesamaan identitas dengan daerah lain sehingga tidak teregristrasi.

“Data penduduk yang ganda itu hampir merata di empat kecamatan, yang diduga terjadi karena kesalahan pada saat perekaman data KTP elektronik,” jelasnya.

Pencocokan dan penelitian data kependudukan tersebut lanjut Suyanto, akan dilakukan langsung di rumah-rumah penduduk, sehingga mendapatkan data kependudukan yang sesuai dan akurat.

Sebelum pencocokan dan penelitian data kependudukan dilakukan, Disdukcapil Penajam Paser Utara memberikan pelatihan kepada 720 ketua RT di empat kecamatan agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Selain itu pencocokan dan penelitian data kependudukan 2016 tersebut tambah Suyanto, sekaligus untuk pemutakhiran data DP4 (data penduduk potensial pemilih pemilu) di Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.