35 Kafilah Penajam Bersaing di MTQ Tingkat Kaltim

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Kafilah dari Kabupaten Penajam Paser Utara, siap bersaing dalam kegiatan MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di Tenggaron, Kabupaten Kutai Kertanegara (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Kafilah dari Kabupaten Penajam Paser Utara, siap bersaing dalam kegiatan MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di Tenggaron, Kabupaten Kutai Kertanegara (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 35 kafilah dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, siap bersaing dalam kegiatan Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ ) ke-38 Tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, pada 22 sampai 27 Mei 2016.

“Sebanyak 35 peserta dari Kabupaten Penajam Paser Utara itu, mengikuti 21 cabang yang diperlombakan pada MTQ ke-38,” kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara, Hakimin Patang pada pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Kaltim, di Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (22/5) malam.

Peserta MTQ dari Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia. Akan bersaing dengan 334 peserta lainnya dari kabupaten/kota se-Kalimantan Timur.

“Kami siap bersaing dengan peserta lainnya, dan meraih perestasi terbaik di MTQ ke-38 tingkat Kalimantan Timur,” ujar Hakimin Patang yang juga sebagai Ketua Rombongan Kontingen MTQ Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut.

Ketua penyelenggara MTQ tingkat Provinsi Kaltim ke-38, Saifi mengatakan, masing-masing kabupaten/kota sangat antusias dengan keikutsertaan dalam rangka membumikan Al Quran melalui MTQ.

“Belum cukup hanya dengan hanya berhasil memperlombakan Al Quran, tapi yang paling penting adalah mempelajari, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Quran,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ tingkat Provinsi Kaltim ke-38, Rita Widyasari, menjelaskan penyelenggaraan MTQ yang digelar di halaman Masjid Agung Sulaiman tersebut, meperlombakan 21 cabang, di antaranya tilawah, tartil, tahfis, fahmil quran, makalah, dan cabang lainnya.

“Penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Kutai Kartanegara yang menelan biaya berkisar Rp12 Miliar, selain merupakan ajang meningkatkan prestasi juga menjadi wisata rohani,” jelasnya.

“Kami beri kesempatan kepada peserta mengunjungi sejumlah objek wisata. Selain itu juga digelar pameran produk lokal,” tambah Rita Widyasari.

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, Ketua DPRD Nanang Ali dan Wakil Ketua  DPRD Syahruddin M Noor, Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, serta Kabag Kesra Herlambang hadir pada acara pembukaan MTQ ke-38 tingkat Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

Selain itu pembukaan MTQ ke-38 juga dihadiri, Wakil Gubernur Kalimantan Timur Mukmin Faisal, Sultan Kutai H Aji Salehuddin 2, serta para bupati/wakil bupati, para unsur pimpinan DPRD kabupaten/kota se-Kaltim dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pemerintah Daerah atau FKPD Kabupaten Kutai Kartanegara. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.