Penajam Gelar Operasi Pasar Murah Jelang Ramadan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

BPOM saat melakukan pemeriksaan kesejumlah pasar besar di Palangka Raya. (Eef - Hello Borneo)

Pasar Ramadan (Dok – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menggelar operasi pasar murah serta pengawasan barang kadaluarsa di daerah itu menjelang Ramadan.

“Jelang Ramadan kami akan adakan operasi pasar murah dan pengawasan barang kadaluarsa,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM), Rusli di Penajam, Senin.

Kegiatan pengawasan barang kadaluarsa tersebut, Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, bekerja sama dengan sejumah instansi terkait.

Saat ini Disperindagkop UKM lanjut Rusli, masih mendata desa dan kelurahan yang menjadi target operasi pasar murah, yang rencananaya akan digelar di delapan titik.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu menurutnya, menjelang Ramadan barang dipasaran tidak mengalami kekurangan dan kenaikan harga yang signifikan, namun permintaah konsumen cenderung meningkat.

“Biasanya Ramadan terjadi peningkatan permintaan konsumen, di antaranya gula, tepung dan minuman. Dan kekurangan komoditi terjadi menjelang lebaran,” jelasnya.

Menjelang bulan puasa hingga lebaran, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, juga akan menambah pasokan persediaan kebutuhan pokok dan komoditi lainnya sekitar 40 persen dari kondisi normal untuk memenuhi permintaan dan menstabilkan harga di pasar.

“Selama puasa dan lebaran, biasanya terjadi peningkatan permintaan masyarakat hingga 40 persen dari hari biasa, sehingga pasokan ditambah sesuai dengan peningkatan permintaan masyarakat,” ujar Rusli.

Ia menambahkan pengiriman persediaan kebutuhan pokok dan komoditi lainnya dari luar daerah untuk tahun ini lancar tidak ada kendala, bahkan persediaan kebutuhan pokok masih bisa memenuhi permintaan masyarakat hingga setelah lebaran.

“Dengan penambahan persediaan kebutuhan pokok dan komoditi lainnya itu dapat menstabilkan harga dan persediaan tersebut aman hingga setelah lebaran,” tambah Rusli. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.