Mustaqim Hadiri Pelatihan Bank Sampah di Sepaku

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ memberikan arahan pada sosialisasi kebersihan dan pelatihan bank sampah di Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ memberikan arahan pada sosialisasi kebersihan dan pelatihan bank sampah di Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ menghadiri sosialisasi kebersihan dan  pelatihan bank sampah yang digelar Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman setempat di Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku, Kamis.

“Kepala desa dan RT yang diundang agar menyampaikan dan menularkan pengetahuan yang didapat dari sosialisasi dan pelatihan bank sampah ini kepada keluarga dan warga di lingkungan masing-masing, karena kebersihan sangat penting untuk kehidupan sehari-hari,” kata Mustaqim.

Ia menegaskan, semua warga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah dan desa hingga lingkungan kecamatan, karena kebersihan adalah sebagian daripada iman.

“Persoalan sampah selama dunia masih ada memang tidak pernah selesai kendati di Sepaku telah tersedia 10 tempat pembuangan sampah sementara,” ujar Mustaqim.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DKPP Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Derita Yati mengatakan, bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah yang masih bernilai ekonomi yang memiliki  manajemen layaknya perbankan.

Tujuan dibangun bank sampah untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah dan mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah tersebut.

“Pada bank sampah yang ditabung bukan uang melainkan sampah, tapi warga akan mendapatkan keuntungan dari tabungan sampah tersebut,” jelas Tita Deritayati.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah yang dihasilkan, sehingga membantu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA (tempat pembuangan akhir)

Camat Sepaku Risman Abdul mengajak warga Kecamatan Sepaku mendukung dan menyambut baik kegiatan sosisalisasi kebersihan dan pelatihan bank sampah tersebut, agar kebersihan lingkungan dapat ditingkatkan.

Ia mengimbau, kepada seluruh warga, termasuk instansi untuk menyediakan bak sampah dan membuang sampah pada jam yang telah ditentukan, untuk selanjutnya akan diangkut oleh petugas DKPP. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.