Peda KTNA di Penajam Berikan Wawasan Rumpon Cerdas

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Dengan Rumpon Cerdas hasil tangkapan ikan bisa meningkat (Subur - Humas Setkab PPU)

Dengan Rumpon Cerdas hasil tangkapan ikan bisa meningkat (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan ke-9 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan  di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada 9-14 Mei 2016, memberikan pengetahuan dan wawasan terkait pemanfaatan rumpon cerdas.

“Pemanfaatan rumpon cerdas itu diberikan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  agar bersinergi dengan program “National Science and Technology Park Maritim” di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Ketua KTNA Kalimantan Timur, Hermanto.

Rumpon cerdas tersebut lanjut ia, untuk membantu nelayan mendeteksi keberadaan ikan, sehingga  memberikan peningkatan kualitas bagi nelayan tangkap di laut.

Rumpon cerdas itu menurut Hermanto, dilengkapi dengan sejumlah peralatan yang dapat mendeteksi keberadaan ikan, berupa “Global Positioning System” (GPS) sehingga nelayan dapat mengetahui rumpon yang banyak ikannya.

Selaih itu, rumpon cerdas akan dilengkapi sejumlah peralatan yang dapat mendeteksi keberadaan ikan. Selama selang waktu tertentu, “controller” akan menyimpan data jumlah ikan untuk kemudian dikirimkan ke server melalui jaringan GSM.

“Teknologi ini menjadi perhatian para peserta dan diharapkan dapat diterapkan di masing-masing daerah,” jelas Hermanto.

Dengan adanya sistem ini nelayan tidak menggunakan cara tradisional lagi. Nelayan bisa mengetahui jumlah ikan melalui informasi teknologi jaringan GSM, sehingga dapat menangkap ikan lebih banyak.

“Rumpon ini hanya ada dua tempat di Indonesia, yakni di Madura dan Kaltim tepatnya di Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Dengan rumpon cerdas tersebut nelayan dapat menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) mencari ikan, karena dengan menggunakan jaringan GSM atau SMS sudah mengetahui lokasi yang banyak ikannya.

Selain itu, pada Pekan Daerah KTNA ke-9, juga memberikan wawasan dan pengetahuan pengembangan pembangunan pertanian dengan menampilkan teknologi tepat guna yang memanfaatkan teknologi informasi (IT).

Pekan Daerah KTNA ke-9 2016 tambah Hermanto, berlangsung sukses, berbagai teknologi pertanian dan perikanan menjadi nilai penting, salah satunya rumpon cerdas yang dimanfaatkan nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.