Pengadaan Ambulans Desa di Penajam Bantu Pelayanan Kesehatan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

AMBULANCE GRATIS DIBAGIKAN.Program Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar. (Subur - Humas Setkab PPU)

AMBULANCE GRATIS DIBAGIKAN.Program Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar. (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Pengadaan ambulans yang dibagikan ke setiap desa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sangat membantu pelayanan kesehatan masyarakat di daerah itu.

“Keberadaan ambulans di setiap desa itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan ketika akan dibawa ke pusat layanan kesehatan, seperti puskesmas dan RSUD (rumah sakit umum daerah),” kata Camat Waru, Fahri Rozani Goffar di Penajam, Senin.

Program pengadaan ambulans di seluruh desa tersebut, untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten.

Tiga desa di Kecamatan Waru yakni Desa Bangun Mulya, Api-api dan Desa Sesulu, lanjut Fahri Rozani Goffar, masing-masing mendapatkan satu unit ambulans, dan manfaatnya sangat dirasakan oleh warga setampat.

“Pengadaan ambulan desa itu sangat berguna dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Waru,” ujarnya.

Menurut Fahri Rozani Goffar, dalam kondisi darurat seperti kecelakaan, melahirkan dan sebagainya dan pasien harus dirujuk ke RSUD yang memerlukan kendaraan, saat ini tidak lagi mengalami kesulitan karena ada ambulans desa tersebut.

Pemanfaatan ambulans desa juga sangat optimal karena mayarakat sudah mengetahui keberadaan ambulans desa tersebut, sehingga jika memerlukan warga tidak kesulitan untuk menggunakan fasilitas yang telah disediakan tersebut.

“Ambulan desa itu disediakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan masyarakat terkait transportasi warga yang sakit untuk berobat di puskesmas terdekat dan rumah sakit umum,” jelas Fahri Rozani Goffar.

Sementara untuk pemeliharaan ambulans tersebut, menjadi tanggung jawab masing-masing kepala desa, dimana perawatan dan dana operasional ambulans itu menggunakan Alokasi Dana Desa. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.