BMKG: Hujan di Balikpapan-Penajam Lebih Awal

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan musim hujan di wilayah Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2016 tiba lebih awal.

Kepala Seksi Data dan Informatika BMKG Balikpapan Abdul Haris Dzulkarnain, ketika dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Selasa mengatakan, hujan di wilayah Balikpapan dan Penajam Paser Utara turun lebih awal pada Juli atau kebalikan dari tahun 2015 yang baru turun pada Desember.

“Tahun ini bulan Juli sudah turun hujan. Hujan yang turun beberapa hari terakhir ini adalah indikasinya,” ujarnya.

Abdul Haris Dzulkarnain menjelaskan, hujan yang turun beberapa hari terakhir pada dini hari dan sepanjang siang tersebut adalah tanda awal musim hujan.

Bila hujan lebih banyak turun di malam hari menurutnya, maka adalah tanda akhir musim hujan di wilayah Kota Balikpapan dan Kebupaten Penajam Paser Utara.

“Tapi pada pertengahan musim hujan, hujan di wilayah Balikpapan dan Penajam Paser Utara bisa turun sepanjang hari,” kata Abdul Haris Dzulkarnain.

Menurut dia, BMKG juga melihat bahwa di Balikpapan dan Penajam Paser Utara hujan deras bisa disertai angin kencang hingga petir.

Situasi hujan disertai angin kencang hingga petir tersebut lanjut Abdul Haris Dzulkarnain, bisa melanda Balikpapan dan Penajam Paser Utara bisa sejak Juli ini hingga September mendatang.

“Hujan disertai angin kencang hingga petir akan sering terjadi sampai September nanti,” tambah Abdul Haris Dzulkarnain. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.