Disdik Balikpapan Laksanakan Penerimaan Siswa Jalur Gakin

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB secara dalam jaringan jenjang SMP dan SMA untuk jalur khusus keluarga miskin dan siswa berprestasi.

Pada Sabtu (23/7), siswa baru dari seluruh jalur PPDB akan diverifikasi dan melakukan daftar ulang di sekolah pilihan yang menerimanya.

Selanjutnya pada Senin (25/7), siswa sudah mulai masuk sekolah tahun ajaran baru dan melaksanakan program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) khusus untuk siswa baru.

“Sampai akhir pekan lalu, sekolah-sekolah di Balikpapan baru saja menyelesaikan PPDB daring untuk jalur umum dan bina lingkungan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin, ketika dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Kamis.

“Ada sekolah yang menetapkan kuota kursi sampai 70 persen untuk jalur bina lingkungan. Saya senang, berarti sekolah itu tahu posisinya di masyarakat,” ujarnya.

Sekolah negeri di Balikpapan lanjut Muhaimin, pada umumnya hanya mengalokasikan maksimal 20 persen slot kursi siswa baru untuk program bina lingkungan.

Adapun sekolah yang jatah kursi jalur bina lingkungannya besar biasanya berlokasi di tepi kota atau merupakan sekolah baru.

Jalur bina lingkungan merupakan penerimaan siswa baru terutama berdasarkan kedekatan alamatnya dengan sekolah atau rumah tinggalnya berada dalam lingkungan sekolah tersebut.

“Kalau sekolah negeri di lingkungan itu sudah memberikan jatah sampai 70 persen, lalu ternyata tidak tertampung juga, masih ada sekolah swasta,” jelas Muhaimin.

Bagaimanapun, dalam penerimaan jalur bina lingkungan tambahnya, tetap ada seleksi berdasarkan nilai akademik, prestasi ekstrakurikuler, atau aspek-aspek lain.

“Kesempatan ini silakan digunakan sebaik-baiknya oleh para wali murid yang anaknya mau masuk SMP dan SMA,” tambah Muhaimin. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.